Apel Besar Peringathi Hari Pramuka Ke-55 Di Lapangan Trirenggo

Posted by tribratanewsbantul on 13:32

Personel Polsek Bantul mengamankan kegiatan Apel Besar dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-55 Tahun 2016 di Lapangan Trirenggo Bantul, Rabu, 21 September 2016 pukul 08.00 Wib.

Apel Besar dipimpin oleh Wakil Bupati Bantul sekaligus Wakil Majelis Pembina Cabang (Wabicab) Gerakan Pramuka Bantul H. Abdul Halim Muslih. Tema hari Pramuka tahun ini adalah “Bangun Karakter Kaum Muda melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, dan Asyik”.

Dalam sambutannya H. Abdul Halim Muslih tak lupa mengucapkan selamat Hari Pramuka bagi segenap keluarga besar Gerakan Pramuka Kabupaten Bantul.

Menurut Abdul Halim, peringatan hari pramuka dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal dan lebih baik pada masa depan.

Untuk itu, menurut Abdul Halim tantangan bagi para pembina pramuka saat ini adalah harus selalu kreatif dan inovatif dalam membina peserta didik agar adik-adik kita akan bangga menjadi pramuka.

Abdul Halim memaparkan, kaum muda dewasa saat ini dihadapkan pada dua masalah besar. Pertama yaitu masalah sosial mencakup maraknya penggunaan Napza dan obat terlarang, pergaulan bebas yang berakibat tingginya hubungan seksual pra nikah, kekerasan dan kriminalitas yang melibatkan kaum muda.

Kedua yaitu masalah kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain menurunnya solidaritas sosial, semangat berkebangsaan, semangat persatuan dan kesatuan yang akhirnya akan berdampak pada menurunnya semangat bela negara dan ancaman disintegrasi bangsa.

“Ancaman seperti itu tentu harus disikapi secara serius oleh semua komponen bangsa termasuk gerakan pramuka,” ujarnya.

Untuk itu, pendidikan pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia, di tuntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita harus membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak kuat, bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadianya, luhur budi pekertinya serta menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, orang nomor 2 di Kabupaten Bantul ini menghimbau kepada para pimpinan Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting Gerkan Pramuka dan para Pembina Pramuka Gugus Depan di seluruh Kabupaten Bantul untuk dapat bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:32

0 komentar:

CB