Pembukaan TMMD Sengkuyung Ke 97 Tahap II TA 2016 Kabupaten Bantul Di Desa Tamantirto

Posted by tribratanewsbantul on 16:03

Selasa, 20 September 2016 pukul 09.00 Wib bertempat di Lapangan Tamantirto Kasihan Bantul telah dilaksanakan Upacara pembukaan TMMD sengkuyung ke 97 tahap II TA 2016 Kabupaten Bantul bertemakan “Dengan semangat kemanunggalan serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, kita wujudkan percepatan Desa membangun Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan rakyat”.

Upacara pembukaan TMMD dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Kapolres Bantul AKBP Dadiyo SIK, Dandim Bantul Letkol Inf Agus widianto, Kasat Pol PP Bantul Hermawan setiaji S.ip.MH, Asisten pemerintahan kab Bantul Bambang, Muspika Kasihan dan Para Danramil se Kodim Bantul.

Peserta upacara pembukaan TMMD yaitu anggota Kodim, Polres Bantul, Satpol PP, Linmas, Faksi kraton, FKPPI, Pramuka, Tagana dan Siswa SMA/SMP.

Adapun sasaran TMMD ke 97 TA 2016 yang dibacakan oleh Kapten CHB Stepanus Sunarno  selaku pimpinan pelaksanaan proyek  adalah sebagai berikut :

Lokasi TMMD ke 97 adalah Dusun Rame Desa Tamantirto Kasihan Bantul. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain

Sasaran fisik, pembuatan talut kali Konteng panjang 120 m tinggi 2.5 m dan tebal 0.50 m

Non fisik : 1. Bidang pendidikan bela negara, 2. Bidang KB dan kesehatan, 3. Bidang pertanian, 4. Bidang kependudukan, 5. Bidang perdagangan dan koperasi, 6. Bidang isis dan bahaya laten komunis

Sumber Dana dari APBD propinsi Rp: 75.000.000, APBD Kabupaten Rp. 200.000.000 dan Swadaya masyarakat Rp. 30.000.00 Total 305.000.000.

Kegiatan dilaksanakan TMT 29 September sampai dengan 10 Oktober 2016 dengan pengerahan tenaga tiap hari 145 orang terdiri dari personil kodim 45 orang, Polres 19 orang, Pos AL. Samas 2 orang, PoL AIR poda DIY 3 orang, Inteldep 5 orang, Linmas 10 orang, Tagana 10 orang, Menwa 5 orang dan masyarakat 50 orang.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan peralatan secara simbolis dari Irup Waki Bupati Bantul kepada perwakilan pelaksanaan TMMD di lanjutkan penandatanganan naskaf kerja sama.

Dalam amantanya Bupati Bantul menyampaikan, pada kesempatan ini marilah kita memanjatkan puji sukur kehadirat tuhan YME atas ridhoNya kita dapat menghadiri upacara pembukaan TMMD ke 97 Sengkuyung tahap II TA 2016 di kab Bantul.

Program TMMD sudah berlangsung selama 36 tahun dan hasilnya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasana dan infrastruktur di wilayah masih sangat relevan.

Program TMMD merupakan suatu terobosan yang efektif dan efisien untuk memicu kreatifitas prakarsa masyarakat dalam membangun.

Pada pelaksanaan TMMD ke 97 ini TNI-AD telah menjalin kerja sama dengan kementrian desa dan pembangunan desa tertinggal dan tranmigrasi RI. Serta kerja sama dengan Bapeda propinsi dan badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintah Desa (PMPD) propinsi serta pemerintah daerah dan Kabupaten kota.

Sasaran program TMMD adalah pembangunan fisik dan non fisik berupa pembangunan infrastruktur  dan sarana umum lainnya dengan harapan dapat membuka isolasi antar desa di daerah terpencil sedangkan kegiatan non fisik mengutamakan penyuluhan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara.

Metode yang digunakan mengacu pada kesederhanaan kebersamaan dan koordinasi lintas sektoral dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang senatiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian dalam pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama.

Kegiatan dilanjutkan pembukaan  TMMD dengan memukul kentongan oleh Irup dilanjutkan dengan enyerahan bantuan beras kepada kepala Lurah Tamantirto Kasihan Bantul oleh Wakil Bupati dan di lanjutkan dengan peninjauan lokasi Pelaksanaan TMMD di Dusun Rame Rt 02 Desa Tamantirto Kec Kasihan Kab Bantul.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai adalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:03

0 komentar:

CB