Pagelaran Kesenian Kethoprak Di Balai Desa Triwidadi

Posted by tribratanewsbantul on 19:37

Telah berlangsung pagelaran kesenian Kethoprak di Balai Desa Triwidadi, Minggu (30/4/2017) jam 21.00 Wib dalam rangka gelar Budaya Desa.

Hadir dalam acara ini DPRD Kab. Bantul Komisi C Nur Rakhmad JP, A.Md mewakili Dinas Kebudayaan Kab. Bantul, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Pemerintah Kec. Pajangan Bpk. Beja, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Triwidadi, Pamong, Dukuh dan ratusan warga.

Lurah Triwidadi Slamet Riyanto dalam sambutannya menyampaikan pada tanggal 2 Mei akan diadakan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP untuk itu agar masyarakat menciptakan situasi yang tenang untuk mendukung belajar siswa.

Dalam sambutanya Lurah Triwidadi juga mengajak warga untuk meningkatkan jaga warga ronda Poskamling untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di masyarakat..

Dalam kesempatanya bapak Nur Rakmad Anggota DPRD Kab. Bantul mengapresiasi baik atas kegiatan ini. Kegiatan ini menggunakan anggaran dari APBD Kab. Bantul melalui Dinas kebudayaan.

Kethoprak adalah salah satu warisan kebudayaan yang luhur untuk itu marilah kita melestarikan budaya ini agar tidak punah.

Pagelaran Budaya seperti kesenian malam ini diharapkan bisa meminimalisir adanya kenakalan remaja yang mulai meresahkan. “Kami harapkan agar masyarakat Desa Triwidadi mengawasi dan menjaga anak-anaknya agar tidak terjerumus kepada kenakalan remaja”, tambahnya.

Pagelaran kesenian Kethoprak malam ini pemainya melibatkan para pamong, Bhabinkamtibmas Aiptu Ngadiman dan organisasi RAPI Kec. Pajangan. Kethoprak diiringin kelompok karawitan Antrigeni asuhan bapak Sukimin, lakon yang dimainkan berjudul "Adipati Siung Laut Mbalelo" (Sedah Merah  Rantai Mas).

Aiptu Ngadiman  sendiri memerankan Tameng Pati anak buah Patih Joko Suro yang diperankan oleh bapak Mulayadi (Kasi Kesejahteraan) sedangkan Lurah Triwidadi memerankan Raja Mataram Panembahan Senopati.

Selama kegiatan berlangsung personil polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan amn tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:37

0 komentar:

CB