Sarasehan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 186

Posted by tribratanewsbantul on 14:04

Sarasehan Peringatan Hari Jadi ke-186 Kabupaten Bantul tahun 2017 kali ini cukup spesial, karena diundang Profesor DR. Mahfud MD guru besar Ilmu Hukum Tata Negara UII Yogyakarta, mantan Menteri Pertahanan dan mantan ketua Mahkmah Konstitusi (MK) era Presiden Gus Dur sebagai nara sumber.

Menurut laporan Kepala Bapeda Kabupaten Bantul Ir. Fenty Yusdayanti, MT selaku Ketua panitia melaporkan bahwa sarasehan ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul yang ke-186. Sarasehan di tingkat kabupaten sudah diawali dengn sarasehan di tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan mulai tanggal 21 s.d 23 Mei 2017, setiap malam dilaksanakan di 6 kecamatan, dengan partisipasi yang cukup tinggi, rata-rata dihadiri oleh sekitar 100 orang. Selain itu di setiap kecamatan ditampilkan pula kesenian lokal dan menyajikan jamuan makanan lokal dari hasil bumi setempat.

Menurut Fenty diundang dalam acara tersebut sebanyak 500 orang terdira dari berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat, pemangku kepentingan, camat, lurah desa dan OPD dan Forkompinda Kabupaten Bantul.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, tambah Fenty, disampaikan rumusan hasil sarasehan di 17 kecamatan oleh Tim Perumus dalam bentuk " Semangat Makaryo Bangun Deso" yang terdiri dari 7 butir diantaranya Makaryo Bangun Deso dengan menggali dan menumbuhkembangkan nilai-nilai gotong royong masyarakat yang merupakan fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Membangun Kawasan Strategis dan pantai selatan untuk menyongsong Bandara NYIA, Menata dan Menyiapkan fasilitas kebersihan manuju Bantul yang bersih, indah, rapi dan nyaman serta empat butir lainnya.

Sementara Prof. DR Mahfud MD dalam paparannya diantaranya menyampaikan tentang keistimewaan DIY dari sejarah keistimewaan hingga tugas dan beban sebagai daerah istimewa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mahfud juga menguraikan tentang ancaman NKRI dari organisasi yang tidak mendukung keutuhan NKRI seperti oranisasi HTI yang ingin merubah NKRI menjadi sebuah negara khilafah yang berdasarkan satu agama di kawasan Asia Tenggara dan Australia.

Acara dimeriahkan dengan kehadiran dalijo dkk. yang cukup mengocok perut hadirin. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:04

0 komentar:

CB