Pengamanan Padusan Sambut Puasa Ramadhan 1438 H Di Pantai Parangtritis

Posted by tribratanewsbantul on 05:30

Ribuan orang mengikuti tradisi padusan atau mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa dikawasan obyek wisata pantai parangtritis, Jum'at, 26 Mei 2017.

Acara tradisi padusan tersebut merupakan event tahunan yang dilaksanakan sebelum memasuki bulan puasa. Padusan ini sudah merupakan tradisi masyarakat jawa, mereka membersihkan diri dengan mandi ditempat sumber air agar saat menjalankan puasanya sudah bersih diri dan baik.

Untuk mengantispasi terjadinya gangguan kamtibmas dan mencegah terjadinya lakalaut, Kapolsek Kretek Kompol Salim menerjunkan seluruh anggotanya untuk mengamankan kegiatan ini dengan menempatkan anggota disimpul-simpul sepanjang jalan Parangtritis wilayah hukum Polsek Kretek untuk menjaga agar arus lalu lintas tetap lancar serta meningkatkan patroli di pantai menghimbau pengunjung agar tidak mandi ditengah laut.

Personil tidak henti-hentinya menghimbau pengunjung untuk tidak mandi dilaut terlalu jauh dari pantai karena itu sangat berbahaya, terlebih saat ini ombak sedang pasang, jangan sampai kita tidak jadi menjalankan ibadah puasa wajib di tahun ini.

Di waktu yang sama diselenggarakan juga kegiatan penentuan rukyatul hilal Bulan Dzulhijjah 1438 H di Markas POB Syeh Bela-Belu, Grogol X, Parangtritis, Kretek, Bantul, pukul 17.00 Wib.

Hadir dalam giat ini Kepala Kantor Kementrian Agama DIY, UII Yogyakarta, Kementrian Agama Kabupaten Bantul, MUI Yogyakarta, Camat Kretek Harso Wibowo SH Msi, Iptu Nurgiyanti mewakili Kapolsek Kretek, Kepala KUA Drs Suryadi, Nahdzatul Ulama, Muhammadiyah, siswa MAN1 Wonosari dan siswa SMA IT Bantul.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakata. Data hisab menggunakan Algoritma ELP2000 dengan Sofware Starrynight Pro Plus 6.4.

Dalam rukyatul hilal tersebut telah mendapatkan hasil bahwa : Tinggi hilal rata-rata diatas 2 derajat, menurut sistim hisab, baik hisab Tadqiqi, hisab Tahqiqi dan hisab Taqirbi bahwa awal puasa baik NU, Muhammadiyah dan pemerintah berdasar sidang asbat untuk tahun ini puasa sama, yaitu dimulai pada Sabtu Pahing tanggal 27 Mei 2017.

Demi lancarnya rangkaian kegiatan tersebut personil Polsek Kretek melaksanakan pengamanan. Kegiatan berakhir pukul 18.00 wib,situasi aman dan terkendali.
(Sihumas Polsek Kretek).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 05:30

0 komentar:

CB