Sarasehan Hari Jadi Ke 186 Tahun Kab Bantul Di Kecamatan Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 13:07

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH hadiri acara sarasehan hari jadi ke 186 tahun Kab. Bantul di pendopo Kec. Pajangan, Senin (22/5/2017) jam 20.00 Wib.

Sarasehan mengambil tema "Dengan Semangat Makaryo Mbangun Deso Kita Wujudkan Masyarakat Bantul Yang Sehat, Cerdas, Sejahtera” dihadiri oleh Tim sarasehan Kab. Bantul dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan Dan Perikanan (Dipertautkan) Ir. Pulung Hariadi, M.Sc, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Kepala Rutan Kelas IIB Bantul R.M. Dwi Ananta, S.H., Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E., Kepala KUA Pajangan Drs. Dalyono Warsito, Kepala UPT PPD Agus Suharyanto S.Pd, Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, M.P.H., Plt. Kepala Sekolah SMAN 1 Pajangan Drs. H. Endah Hardjanto, M.Pd., Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Pamong, Dukuh, BPD, LPMD, PKK, tokoh agama, Pokdarwis, Kepala Sekolah dan Tokoh masyarakat Kec. Pajangan.

Tujuan dari sarasehan ini untuk menggali amanat-amanat dari masyarakat guna perubahan yang akan diusulkan oleh Bupati Bantul dalam upacara hari jadi Kab. Bantul kepada Gubernur nantinya. “Usulan dari Bapak Ibu bisa menjadi masukkan yang akan dibahas di tingkat Kab. Bantul tanggal (24/5) nantinya”, tutur Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si.

Ir. Pulung Hariadi, M.Sc  menyampaikan sarasehan ini berbeda dengan musrenbang, visi Pajangan ke depan seperti apa bisa disesuaikan dengan Visi Pokok Bupati Bantul untuk menciptakan Bantu cerdas, sehat dan sejahtera. Batul sehat agenda gerakan masyarakat, pembuatan Puskeamas tipe D, mengaktivkan rumah potong hewan untuk menjaga kesehatan dan lainnya. Sejahtera menggerakkan ekonomi produktif dan ekonomi kerakyatan.

Sambutan Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam sarasehan ini menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul tahun 2017 bertema “Dengan Gerakan Makaryo Bangun Deso, Kita Wujudkan Masyarakat Bantul Yang Sehat, Cerdas, Dan Sejahtera.” Tema ini mencerminkan semangat dan tekad membangun Bantul dengan melibatkan segenap komponen masyarakat. Dengan semangat tersebut kita bangun Bantul ini sesuai dengan tahapan dan prioritas yang telah ditetapkan menuju Bantul yang semakin baik di segenap aspek kehidupan.

Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Bantul meraih berbagai prestasi yang membanggakan, antara lain: Pemerintah Daerah dengan prestasi kinerja tertinggi untuk kali ketiga secara berturut-turut sehingga Kabupaten Bantul mendapat anugerah Parasamya Purna Karya Nugraha dari Kementeriaan Dalam Negeri dan Akuntabilitas Kinerja dengan predikat sangat baik (BB) dari Kementerian Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi. Sedangkan dalam laporan keuangan daerah kita berharap dapat memperoleh lagi predikat Wajar Tanpa Pengecualian.

Permasalahan dan tantangan yang dihadapi kedepan semakin kompleks dan selalu membutuhkan penanganan dan koordinasi yang lebih intensif. Kompleksitas permasalahan tersebut diantaranya adalah tingkat kemiskinan Bantul yang masih tinggi. Sebagai bahan renungan, beberapa permasalahan yang harus mendapat perhatian sungguh-sungguh antara lain meliputi, Pengentasan kemiskinan dan pengangguran, Tuntutan peningkatan kualitas pelayanan publik, Perluasan akses dan mutu pendidikan, Perluasan cakupan jamian kesehatan dan peningkatan pola hidup bersih dan sehat dan Peningkatan daya saing daerah.

Bupati Bantul mengajak untuk menyambut bulan suci ini dengan penuh suka cita, kita persiapkan diri agar dapat menjalani ibadah puasa dengan tulus ikhlas, sehingga akan membekas dalam jiwa kita, menjadikan kita manusia yang taqwa. Bupati juga mengajak masyarakat Kabupaten Bantul pada umumnya,  marilah momentum hari jadi ini kita gunakan untuk instrospeksi terhadap apa yang telah kita perbuat dan selanjutnya senantiasa melakukan upaya perbaikan terhadap  karya-karya kita serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, untuk satu tujuan bersama mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Yulius Suharta dalam presentasinya menyampaikan tentang pembuatan pupuk dan penanaman padi organik, gapoktan setyo mandiri, Peningkatan peran IUMK dan tinjauan potensi Wisata di Pajangan dan diluar objek Wisata yang sudah dikenal.

Dalam diskusi untuk usulan dari masyarakat Kec. Pajangan diantaranya disampaikan oleh Plt. Kepala Sekolah SMAN 1 Pajangan Drs. H. Endah Hardjanto, M.Pd yang mengharapkan perhatian jalan, penerangan, revitalisasi talut yang menyebabkan ambruknya tembok Sekolah dan agenda rutin lomba multi talenta di tingkat Kecamatan.

Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi Wignya Suprapto dalam usulannya untuk meningkatkan peran serta Koperasi di Pajangan agar bisa maju dan mensejahterakan anggotanya. Para pengusaha yang sukses untuk memajukan koperasi di Pajangan dan revitalisasi kepengurusannya sehingga bisa mensejahterakan masyarakat.

Dukuh Kalakijo H. Sareh Supardi mengusulkan jalan Dusun menjadi jalan Kabupaten untuk memajukan obyek Wisata sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengamanan sarasehan dilakukan oleh Polsek dan Koramil Pajangan. Hingga selesainya kegiatan sarasehan jam 22.00 Wib situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:07

0 komentar:

CB