Puncak Festival Jathilan Di Goa Selarong

Posted by tribratanewsbantul on 10:24

Personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan kegiatan Festival Jathilan antar Kecamatan se Kab. Bantul hari ke dua dan merupakan hari terakhir di Obyek Wisata Goa Selarong Dusun Kembangputihan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul, Minggu (30/4/2017) jam 08.00 Wib.

Festival Jatjilan ini dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Kab Bantul Sunarto, SH, MM, Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E. dan disaksikan pelaku seni budaya serta masyarakat sejumlah ± 700 orang. Kelompok Jathilan yang tampil kali ini sejumlah 8 kelompok, 1 kelompok mewakili 1 Kecamatan.

Festival Jathilan berlangsung dengan meriah. IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kec. Pajangan menampilkan 5 keseniannya yang ditampilkan oleh anak asuhannya ditambah 1 Kesenian Jathilan dari TK Kec. Sanden Bantul.

Setelah Festival selesai, Tim Juri yang diketuai merangkap anggota Drs. Yoto (Biro Kesra  Pemerintah Daerah DIY), Dra. Sundari (ISI Yogyakarta), Risang Sugiono (Seniman) setelah melakukan sidang untuk memutuskan kelompok Jathilan yang menjadi juara.

Drs. Yoto (Ketua Tim Juri) sebelum mengumumkan keputusan sidang menyampaikan bahwa Festival Jathilan ini sebagai pemersatu dan meningkatkan persaudaraan sesama Kelompok Jathilan di Kab. Bantul. Wujudkan Kesenian Jathilan sebagai ikon Kab. Bantul dengan menjaga dan melesatarikannya. “Jadikan Kesenian Jathilan sebagai hiburan, alihkan fungsi dari mendatangkan roh menjadi hiburan yang dapat dinikmati masyarakat maupun wisatwan. Beri kesempatan kepada generasi muda untuk ikut dalam kesenian Jathilan ini”, pungkasnya.

Hasil Festival Jathilan antar Kec. Kab. Bantul tahun 2017 di Goa Selarong Dusun Kembangputihan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul diputuskan sebagai berikuti :

Juara
Juara 1.  Turonggo Yakso (Pundong) No. urut 14 nilai  1507
Juara 2.  Turonggo Mudho Tunas Mekar (Srandakan) No. urut 6 nilai 1502
Juara 3. Turonggo Ngesti Budoyo (Dlingo) No. urut 17 nilai 1483

Juara Harapan
Juara Harapan 1. Kudho Prakoso (Pajangan) No. urut 15 nilai 1326
Juara Harapan 2. Turonggo Kaisar (Banguntapan) No. urut 10 nilai 1323
Juara Harapan 3.  Turonggo Mudho (Bambanglipuro) No. urut 11 nilai 1292

Juara Nominator
Juara Nominator 1. Manunggal Karso (Piyungan) No. urut (3) nilai 1285.
Juara Nominator 2. Bekso Kudho Pangurip (Kasihan) No. urut 5 nilai 1278
Juara Nominator 3. A Sandi Turonggo Mudho (Sangkal Tarudan. Bangunharjo, Sewon) No. urut 1 nilai 1275

Masing-masing juara mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Dinas Pariwisata Kab. Bantul. Akhir dari festival ini situasi Obyek Wisata Goa Selarong dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:24

0 komentar:

CB