Bhabinkamtibmas Menghadiri Giat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

Posted by tribratanewsbantul on 15:43

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi bersama Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Bantul Tahun 2017. Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemda Bantul di Balaidesa Gadingsari, Sanden, Selasa (21/11/2017) pukul 09.30 Wib.

Bimbingan teknis pemberdayaan masyarakat pesisir dihadiri Plt. Dispar Bantul Kwintarto Hadi Prabowo, Kabid Pengembangan Masyarakat Desa (PMD) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKB-PMD) Bantul, Ris Widodo, Pendamping tenaga ahli P3MD Bantul Dwi Endriyanto, anggota Polsek Sanden serta warga masyarakat pesisir Desa Gadingsaei, Srigading, Sanden dan Desa Poncosari Kecamatan Srandakan, Bantul.

Kabid Pengembangan Masyarakat Desa Dinas PPKB PMD Kabupaten Bantul, Ris Widodo dalam penyampaian materinya mengatakan, masyarakat pesisir pantai selatan di wilayah Kecamatan Sanden dan Srandakan harus bisa memanfaatkan perkembangan pembangunan, utamanya di sektor pariwisata. Ini terkait dengan rencana kawasan pesisir selatan akan dijadikan pintu depan Propinsi DIY.

Di Sanden terdapat potensi wisata yang bisa dikembangkan masyarakat. Tempat wisata agar dikunjungi banyak orang harus dibuat menarik, adanya akses ke lokasi, aman, bersih, ramah dan nyaman. Karakteristik / macam-macam obyek wisata, ada wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, wisata religi, wisata pendidikan, wisata kombinasi.

Pemberdayaan masyarakat desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, ketrampilan, perilaku, kemampuan serta memanfaatkan sumberdaya manusia dalam upaya peningkatan kualitas hidup. Pemberdayaan masyarakat menjadi dua kelompok besar yakni pemberian/optimasilasi kapasitas  dengan memberikan ilmu dan pemberian kekuasaan, dan proses pemberdayaan melalui proses untuk terus menerus mengembangkan semangat belajar dari segenap masyarakat. Strategi pemberdayaan dilakukan secara berkelompok supaya menjadi ringan.

Ada tantangan dalam pemberdayaan masyarakat, yaitu tantangan aspek sdm, tantangan kelembagaan dan tantangan pengembangan usaha ekonomi desa. Yang paling utama adalah tantangan sdm yang harus punya pemandangan untuk mengembangkan wisata.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Hadi Prabowo mengatakan, melihat posisi pantai selatan sekarang ini, dia mengajak masyarakat pesisir untuk bergerak laju usaha perubahan yang riil. Pemerintah berperan untuk mensejahterakan masyarakat dan masyarakat harus mau diatur guna pengembangan. Masyarakat harus siap menghadapi tantangan, katanya.

Pemerintah akan menjadikan kawasan pantai selatan menjadi destinasi wisata yang terbaik. Rencana, tahun 2018 akan dibangun jembatan di atas laguna Depok sehingga tahun 2020 JJLS akan menyambung sampai Pantai Parangtritis. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:43

0 komentar:

CB