Pengamanan Gerakan Tanam Padi Di Desa Srihardono

Posted by tribratanewsbantul on 06:00

Sektor pertanian merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Bantul melalui Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan menggelar Gerakan Tanam Padi guna Kegiatan Peningkatan Produksi pertanian/perkebunan berkelanjutan yang bertempat di Bulak Boga Lestari, Monggang, Srihardono, Pundong. Rabu (1/11/2017).

Sambutan Bupati Bantul yang di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bantul Bambang Guritno, SH mengatakan, di Indonesia beras merupakan komoditas pangan yang strategis. Keberadaan beras selalu dipantau dan diperhatikan oleh lapisan masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa, dalam rangka mewujudkan swasembada pangan yang berkelanjutan, kita masih dihadapkan kepada tantangan yang cukup berat yakni jumlah penduduk yang terus bertambah.

Tanam padi dengan menggunakan alat Rice Transplenter merupakan adopsi teknologi dari para petani semua yang selalu ingin maju dan siap dalam upaya meningkatkan pertanian. Dengan alat rice transplenter sangat membantu sekali dikalangan petani, karena dengan kemajuan teknologi ada banyak manfaat yang didapat, adanya penerapan mesin rice transplenter membuat pekerjaan petani semakin mudah, mempercepat waktu tanam bibit padi, mengatasi kelangkaan tenaga kerja, meningkatkan produktifitas lahan, mempercepat dan mengifisiensikan proses serta sekaligus menekan biaya produksi. Ujarnya.

"Kegiatan gerakan tanam padi dengan menggunakan sistem jajar legowo yang diperagakan bertujuan meningkatkan produktifitas padi, cara tanam seperti ini merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian hama penganggu tanaman". Tambahnya.

Menurut Camat Pundong Sri Umayati, SH menyampaikan, Kecamatan Pundong adalah salah satu dari 17 Kecamatan di Kabupaten Bantul yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. "Secara geografis wilayah Kecamatan Pundong berupa lahan persawahan sendangkan sebagian yang lain adalah perbukitan". Ujarnya.

Harapannya para petani tidak kesulitan mengakses alat rice transplenter dan bisa menggunakannya dengan sebaik-baiknya.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pundong melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pundong)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:00

0 komentar:

CB