Bhabinkamtibmas Akan Dilibatkan dalam Tracing Kasus Covid-19

Posted by tribratanewsbantul on 02:30

Upaya 3T (Tracing, Testing, Treatment) adalah upaya untuk menelusuri, pemeriksaan dini, dan perawatan dalam menangani persebaran covid-19. Dalam upaya tersebut pemerintah ikut melibatkan Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan di lapangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono. Usai memimpin pengamanan kunjungan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin yang mengunjungi Puskesmas Bambanglipuro dan Balai Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro pada Senin (01/03/2021).

Kita bekerja bersama dengan Babinsa juga, di Bantul ini totalnya ada 75 ditambah masing-masing Babinkamtibmas dibantu 2 anggota dari Polres. Totalnya di tiap Desa ada 3,” ujarnya.

Kapolres Bantul menambahkan, anggotanya sudah mendapat pelatihan dan juga pendampingan dari Dinas Kesehatan Bantul untuk berupaya memutus mata rantai persebaran covid-19. Selain menjalankan fungsi Tracer, nantinya Babinkamtibmas juga bertanggungjawab dalam penegakan protokol kesehatan di wilayah desa. 

Babinkamtibmas yang bertugas nantinya akan melakukan pelacakan kepada orang yang memiliki riwayat kontak dengan orang yang positif covid-19 agar bisa segera dilakukan pemeriksaan dini, untuk kemudian diberi perawatan oleh pihak medis jika memang ikut tertular.

Kapolres Bantul juga meminta bantuan kepada seluruh elemen masyarakat, untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan 3T ini.

Harapannya ya dengan adanya keterlibatan Babinkamtibmas dalam upaya 3T ini bisa melacak persebaran covid-19 di lingkungan masyarakat, agar nantinya bisa segera ditangani dan tidak semakin banyak persebarannya,” tandasnya.



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB