Pentas Dalang Cilik Di Desa Trimulyo Jetis

Posted by tribratanewsbantul on 13:52

Sabtu, 21 Mei 2016 jam 09.00 wib di pendopo balai desa Trimulyo Jetis telah berlangsung pentas dalang cilik yang diselenggarakan oleh dinas pariwisata bekerjasama dengan Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) yang diikuti oleh 11 dalang cilik dari wilayah Kabupaten Bantul..

Pantas dalang cilik dihadiri oleh Asek II Kab. Bantul bapak Dr. Drs Suyoto, SH, MSI, MMA, Kabid kebudayaan dinas pariwisata kab bantul bapak Dodik Kuswardono, S.Sos, Muspika kec. Jetis, lurah Desa Trimulyo dan ratusan tamu undangan.

Dalam kesempatan itu Ketua penyelenggara bapak Riswantoro, S.IP menyampaikan sambutan yang intinya menyampaikan  tujuan kegiatan ini adalah untuk melestariakan budaya jawa khusus nya wayang kulit sekaligus untuk kaderisasi dalang di kab. Bantul sehingga budaya ini dapat di lestarikan secara terus menerus sebagai warisan budaya bangsa.

Bahwa giat ini di biayai oleh Danais  yang dianggarkan oleh dinas pariwisata kab. Bantul di tujukan untuk pelestarian budaya.

Bapak asek II Kab. Bantul mewakili Bupati Bantul dalam sambutanya mengucapkan terimaksih kepada Dinas pariwisata kab. Bantul yang telah secara rutin menyelenggarakan acara ini setiap tahun nya untuk melestarikan budaya bangsa.

Serta diucakpkan terimakasih yang  setinggi-tinggi nya kepada para orang tua yang telah mendorong dan  mendukung putra - putranya untuk menjadi dalang wayang kulit, yang mana hal tersebut tidaklah mudah dan memerlukan pengorbanan baik waktu dan biaya. Kami berharap nantinya para dalang cilik ini dapat menjadi pelopor pelestari budaya jawa yang tidak hanya terkenal di dalam negeri saja melainkan dapat terkenal di luar negeri.

Acara dilanjutkan dengan  pementasan wayang kulit oleh 11 dalang cilik dengan lakon "Aji Norontoko”,. Selama kegiatan berlangsung personil PolsekJetis melaksanakanpengamanan hingga acara selesai dalamkeadaan aman tertib. (Sumas Polsek Jetis)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:52

0 komentar:

CB