Sosialisasi Dan Pembinaan Penanaman Nilai Budaya Sehat Bagi Siswa SD Negeri Krekah

Posted by tribratanewsbantul on 16:56

Sosialisasi dan Pembinaan Penanaman nilai budaya sehat bagi siswa / warga sekolah dalam peningkatan derajat kesehatan ini terselenggara karena beberapa saat yang lalu ada sekitar 3 atau empat keluarga anak didik dan keluarganya terserang penyakit Demam Berdarah.

Menanggapi hal yang demikian Kepala Sekolah SD Negeri Krekah Gilangharjo Pandak Bantul Bp. Wiyono, SPd menghadirkan Tim Penyuluh Kesehatan dari Puskesmas Pandak  I yang diketuai oleh dr. Seta Nurhayati beserta Tim untuk melaksanakan kegiatan tersebut di sekolahnya. 

Kegiatan Sosialisasi ini dilaksnakan pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 mulai pukul 08.00 Wib yang dihadiri oleh Muspika Pandak, Subiyanto Humas kec. Pandak, Aiptu Subrata Kasihumas Polsek dan Koptu Marjiyanto Babinsa Koramil , Heri Kusdarmanto Kepala UPTD Pandak, Surojo dari Penyuluh KUA dan para Wali murid yang anaknya terserang penyakit DB serta Para Siswa SDN Krekah kelas V sejumlah 30 siswa.

Dalam paparan singkat oleh dr. Seta Nurhayati beserta Tim Penyuluh mengatakan Penyakit Demam Berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang mana nyamuk tersebut membawa virus  Demam Berdarah Dengeu (DBD) dan menyerang pada siapa saja (semua Usia) serta dimana saja yang biasanya waktunya pagi hingga sore hari.

Untuk pencegahanya di lakukan 3M plus yakni Menguras bak mandi, vas dan tempat penampungan air minimal 1 minggu sekali. Menabur bubuk abete atau altosid pada tempat-tempat penampungan air yang sulit dikuras, Menutup rapat-rapat tempat penampungan air atau memelihara ikan di tempat-tempat penampungan air dan Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air, Kemudian PLUS disini adalah membiasakan diri dengan bererilaku hidup bersih dan sehat.

Demikian uraian singkat Ketua Tim Penyuluh Kesehatan Puskesmas Pandak I  dengan harapakan setelah Sosialisasi ini berakhir Para Siswa / Warga sekolah menjadi Kader Jumanthik Mandiri Siswa / warga sekolah untuk bisa diterapkan di lingkungan keluarga / warga sekitar masing – masing.

Demikian acara hingga selesai pukul 10.30 Wib terdapat situasi aman terkendali. (Sihumas Polsek Pandak )


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:56

0 komentar:

CB