Labuhan Alit Di Pantai Parangkusumo

Posted by tribratanewsbantul on 19:54

Kapolsek Kretek Kompol Supardi beserta muspika mengikuti prosesi labuhan alit di Pantai Parangkusumo, Padukuhan Mancingan, Desa Parangtritis dalam rangka jumenengan Ngarso Dalem Sri Sultan HB X, Minggu, 8 Mei 2016.

Adapun yang dilabuh antara lain ubo rampe ageman dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X dan umbo rampe ageman Garwo Dalem GKR Hemas antara lain Sinjang cinde ijem, sinjang cangkring, semekan solok, semekan gadung, semekan gadung mlati dan masih banyak lagi ageman yang dilabuh dengan harapan keraton kawulo dan negara pada umumnya selamat dari mara bahaya.

Adapun rangkaian kegiatan labuhan dari Kraton Ngayojokarto diterima oleh Camat Kretek Hasto Wibowo SH beserta Muspika dipendopo Kecamatan Kretek. Kemudian umbo rampe dibawa menuju pantai Parangkusumo, namun sebelum uborampe dilabuh dilaut Parangkusumo terlebih dahulu disemayamkan di cempuri pendopo Parangkusumo.

Dalam labuhan tersebut dilakukan oleh tim SAR Parangtritis disaksikan ribuan pengunjung pantai. Setelah umbo rampe dilabuh diperebutkan oleh para pengunjung. Mereka perebut untuk memiliki barang yang dilabuh tersebut.

Demi keamanan dan kelancaran kegiatan labuhan, anggota Polsek Kretek mengadakan pengamanan dan pengawalan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:54

0 komentar:

CB