Gubernur DIY Resmikan Revitalisasi dan Pembangunan Sendang Mangunan

Posted by tribratanewsbantul on 13:23


Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meresmikan revitalisasi dan pembangunan Sendang Mangungan di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Senin, 30 Mei 2016.

Keberadaan Sendang Mangunan ini dinilai sangat penting karena menjadi salah satu sumber air bersih bagi puluhah warga di Padukuhan Mangunan dan sekitarnya. Pada saat kemarau, sendang ini tidak pernah kering dan menjadi sasaran antrian warga dalam mencari air bersih.

Hadir pula dalam acara peresmian tersebut Wakil Bupati Bantul Drs Abdul Halim Muslih,  Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Mulia Hasudungan Ritonga, M.Si, Kepala Perhubungan Kab Bantul, Kepala Dinas Pariwisata Kab Bantul, Kepala LH Kab Bantul,  Muspika Kecamatan Dlingo, Lurah Desa se Kecamatan Dlingo, Pamong Desa Mangunan serta Pokdarwis Desa Mangunan.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X yang disaksikan oleh para tamu yang hadir.

Sebelum meresmikan wahana ini, beliau gubernur mewawancarai ketua pokdarwis tentang kemanfaatan bantuan gubernur ini. Yang diminta beliau kegiatan atau bangunan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata.

Beliau juga meminta agar ada konsolidasi dengan warga masyarakat untuk akhirnya menahan wisatawan lebih lama tinggal dengan ramah menerima kunjungan mereka, menyediakan kebutuhan tinggal dengan membuat homestay yang pendanaannya melalui koperasi yang dibentuk untuk itu, serta siap menampilkan daya tarik wisata berupa seni budaya setempat di samping melestarikan keindahan alam yang ada.

Sri Sultan juga mengatakan, bantuan pengembangan desa wisata tersebut diberikan atas dasar usulan dari desa dan pokdarwis di desa wisata setempat. Harapannya, dengan dibangunnya fasilitas-fasilitas itu akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Inikan aspirasi satu tahun yang lalu dimana Pak Lurah mengundang saya untuk berdialog, yang dibutuhkan apa kemudian say bantu. Saa berharap dengan selesaianya pembangunan air port pariwisata kita juga sudah bisa take off ,” kata Sultan. (Sihumas Polsek Dlingo)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:23

0 komentar:

CB