Pagelaran Wayang Kulit Di Dusun Sabrang Kidul Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 14:18

Sabtu, 28 Mei 2016 jam 20.00 wib, telah berlangsung Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk bertempat di Rumah Bpk. Suradi Dusun Sabrang Kidul RT 004 Desa Triwidadi Kec. Pajangan.

Hadir dalam kesempatan ini H. Sapta Sarosa, S. Psi DPRD Kab. Bantul, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Bpk. Mardiono Tokoh Masyarakat Desa Triwidadi, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, Kepala Dukuh Sabrang Kidul Bpk. Pardi, Ketua RT, tokoh masyarakat, pelaku seni budaya Desa Triwidadi dan warga Sabrang Kidul sejumlah ±  200 orang.

Dalang pagelaran Wayang Kulit ini adalah Ki Cermo Hadi Sutoyo dari Pringgading Guwosari Pajangan dan di iringi kelompok Karawitan Antrigeni (Anak Triwidadi Gemar Seni) asuhan Bpk. Sukimin dengan Pesinden, Ibu Yati, Ibu Suti dan Ibu Wakiyem serta Ibu Marinem.

Pagelaran Wayang Kulit ini dilaksanakan dalam rangka Gelar Budaya Dusun Sabrang Kidul melalui dana Aspirasi anggota DPRD H. Sapta Sarosa, S. Psi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Bantul.

Lurah Triwidadi Slamet Riyanto dalam sambutannya mengatakan ikut berbahagia dan apresiasi dalam pagelaran Wayang Kulit ini.  Ia berpesan agar kita semua, warga masyarakat agar melestarikan kesenian dan kebudaya kita Wayang Kulit ini. Ia mengharapkan agar semua warga masyarakat giat dan gotong-royong  dalam pembangunan infratruktur dilingkungannya masing-masing.

H. Sapta Sarosa, S. Psi dalam sambutannya mengajak agar kita semua menguri-uri (melestarikan) kesenian dan budaya kita yang adi luhung. Jangan sampai seni budaya kita diakui oleh negara lain dan kemasukan budaya dari luar negeri. Ia minta doa dari seluruh warga Sabrang kidul mudah-mudahan Ia bisa melaksanakan tugas dengan baik dan selamat hingga akhir.

Selanjutnya dilakukan penyerahan tokoh Wayang Gathotkoco kepada Ki Dalang oleh Bpk. Mardiono. Hingga selesainya pagelaran Wayang Kulit di Sabrang Kidul situasi berakhir dalam keadaan aman dan kondusif dengan pengamanan dari personil Polsek Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:18

0 komentar:

CB