Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Hadiri Pengajian Nuzulul Quran di Masjid Bismilahinnur Dusun Wonorejo I

Posted by tribratanewsbantul on 09:56

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Polsek Sanden, Bripka Mochlis Humavianto, S.Pd  menghadiri pengajian akbar memperingati Nuzulul Quran di halaman Masjid Bismilahinnur Dusun Wonorejo I, Gadingsari, Sanden, Sabtu (1/6/2019) jam 20.30 WIB.

Pengajian diselenggarakan oleh takmir masjid setempat dengan mengambil tema "Dengan Pancasila Satukan Bangsa, Dengan Al Quran Luruskan Iman". Kegiatan tersebut dihadiri anggota DPRD Bantul H. Sadji Tirtohadijoyo S.Pd.I, Kasi Pelayanan Desa Gadingsari Jakirman, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis Humavianto, S.Pd, Ustadz Islamiyanto dan jamaah pengajian.

Dijelaskan bahwa Nuzulul Quran adalah turunnya Kitab Suci Al Quran pertama kali pada 17 Ramadhan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Alquran Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama surat Al-Alaq ayat 1-5. Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.

Nabi Muhammad saat itu sendiri dan langsung ketakutan, serta menggigil. Kemudian Nabi pulang dan menceritakan pengalaman yang dialaminya kepada istrinya. Sejak peristiwa itu, Nabi mendapat gelar Rasul yakni Nabi yang mendapatkan wahyu untuk disebarkan kepada umat manusia.

Al Quran tidak diturunkan kepada Nabi Muhammad sekaligus satu kitab. Namun secara bertahap menurut tuntutan peristiwa yang melatarinya, dengan lama waktu 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

Al Quran selesai diturunkan menjelang kewafatan Nabi pada 9 Dzulhijjah tahun 10 H yang bertepatan dengan tanggal 27 Oktober 632 M, dengan turunnya ayat yang terakhir yaitu surah Al-Maidah ayat 3. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:56

0 komentar:

CB