Polsek dan Puskesmas Sedayu 1 Gelar Latihan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalulintas

Posted by tribratanewsbantul on 12:56

Bhabinkamtibmas Argosari Aipda Agus Muslim melaksanakan sosialisasi P3K, serta praktek pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan lalulintas kepada anggota FPRB di aula balai Desa Argosari Sedayu Bantul, Sabtu, 7 Maret 2020 pukul 20.00 WIB.

Tak hanya itu, Aipda Agus Muslim juga menyampaikan materi 12 gerakan dasar pengaturan lalu lintas.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dengan Puskesmas Sedayu 1 sebagai nara sumber, akan memberikan contoh pertolongan yang benar dalam menangani korban kecelakaan.

Kegiatan dihadiri Kepala Puskesmas Sedayu 1 dr. Sistia Utami, Lurah Argosari, Panit Lantas, Bhabinkamtibmas Argosari Aipda Agus Muslim, FPRB Desa Argosari.

Disamapikan, pertolongan pertama pada kecelakaan merupakan penanganan darurat untuk korban kecelakaan yang dilakukan secara cepat dan tepat untuk menyelamatkan nyawa korban.

Beberapa langkah pertolongan pertama untuk korban kecelakaan, antara lain perhatikan kondisi lingkungan, periksa tingkat kesadaran korban, cek pernafasan korban.

Pertolongan pertama pada kecelakaan yang bisa dilakukan ketika korban tidak sadarkan diri dan mengalami luka berat, lakukan cek pernapasan korban dengan cara memperhatikan, mendengarkan dan merasakan cara korban bernafas.

Pastikan korban masih dalam kondisi bernafas sehingga dapat diberikan langkah pertolongan pertama yang cepat dan akurat.

Kemudian, kompresi dada untuk memberikan bantuan pernafasan saat korban dalam kondisi tidak sadar atau mengalami kesulitan bernafas.

Lalu periksa trauma atau luka saat menemukan luka pada korban, segera obati luka tersebut agar korban tidak mengalami pendarahan dan memperparah kondisi korban.

Apabila pertolongan pertama pada kecelekaan tidak berhasil dan kondisi korban sangat parah, segera panggil dokter terdekat untuk segera datang ke lokasi korban kecelakaan.

Sedangkan panit lantas Aiptu Heri Sulis yang dibantu Aipda Agus Muslim memberikan materi 12 gerakan  dasar pengaturan lalulintas yang dipraktekan langsung dan ditirukan oleh anggota FPRB dengan cara berulang dengan harapan mampu menguasai. (Humas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:56

0 komentar:

CB