Tradisi Wiwitan Dalam Rangka Panen Raya Padi Di Dusun Sarang Kuwon Sidomulyo

Posted by tribratanewsbantul on 07:52

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto menghadiri tradisi wiwitan dalam rangka panen raya padi di area persawahan Bulak Dusun Sarang Kuwon Sidomulyo Bambanglipuro, Kamis, (19/3/2020 pagi.

Selain Bhabinkamtibmas Sidomulyo, acara tersebut juga dihadiri oleh
Perwakilan BPTP Provinsi Yogyakarta Ir.R.D Maman Suhirman, Perwakilan Dinas Pertanian dan perikanan Kabupaten Bantul Ir.Imawan Eko Handriyanto M.P, Camat Bambanglipuro diwakili Kasi Ekbang - LH Sodiq Pramonvo S.Pt, Lurah Desa Sidomulyo diwakili Kasi Kesejahteraan Anis Nur Anom SH, Ketua BPD desa Sidomulyo Sudarto SPT, BPP Kecamatan Bambanglipuro Ibu Listuti dan Kelompok tani Tri tunggal dan Tri Gemuk.   

Tradisi wiwitan ini secara rutin dilakukan oleh petani setempat setiap menjelang musim panen, sebagai rasa syukur diwujudkan dengan memberi sedekah berupa nasi wiwit. Nanti setelah didoakan, nasi wiwit itu dibagikan kepada masyarakat yang datang.

Pada musim panen ini, petani mengalami beberapa kendala dalam menanam padi terutama kendala cuaca ekstrim. Banyaknya hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tanaman padi sering tergenang air sehingga memicu beberap penyakit. Namun para petani bersyukur, masih dapat melaksanakan panen raya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Sidomulyo berharap semoga dengan panen ini kesejahteraan petani di dusun Sarang Kuwon ini meningkat sehingga otomatis kamtibmas semakin kondusif, tandasnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:52

0 komentar:

CB