Pengajian Di Ponpes Al Imdad Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 10:31

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. menghadiri giat pengajian dalam rangka Haul KH. Humam Bajuri Ke 21 dan Khotmil Quran di Ponpes Al Imdad 2 Dusun Kedung Guwosari Pajangan, 27 Oktober 2016 jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih, Pengasuh Ponpes. Al Imdad KH. Habib A Syakur, KH. Abdul Kholik Syifa' Rois Syuriah NU Kab. Bantul, KH. Drs. Hendri Sutopo, KH. Ahmad Kurdi Mas'ud (Rembang), Raden Muhammad Najib Al Munawir, KH. Muhammad Murod, Kakanwil Kemenag DIY, UIN Sunan Kalijaga, Sekcam Pajangan Bambang Yuliono, S.E., Bhabinkamtibmas Guwosari Bripka Supri Handono, S.H., para Kiyai, santri/Wali santri dan para jamaah pengajian yang hadir sejumlah ± 1.000 orang. Pengamanan dilakukan oleh personil Polsek Pajangan, Koramil 18 Pajangan dan Banser Kec. Pajangan.

Pengasuh Ponpes. Al Imdad KH. Habib A Syakur. M.Ag, KH. Abdul Kholik Syifa' Rois Syuriah NU Kab. Bantul dalam sambutanya menyampakan acara peringatan Haul KH. Humam Bajuri ke 21 diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Semaan Al Qur'an, Pengobatan Gratis kerjasama dengan Biddokes Polda DIY dan PT. Jasa Raharja, Pasar Sembako Murah kepada masyarakat sekitar dan uang dari hasil penjualan akan kami berikan ke Masjid Al Muhlisin Bungsing (Masjid Waung).

Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kab. Bantul ikut berbahagian dengan adanya kegiatan ini. Mari kita doakan semoga Alm. KH. Humam Bajuri mendapat rahmat dan tempat yang layak disisi Alloh SWT. Kepada para santri yang telah khatam Al Qur’an semoga dipermudah belajar Al Qur’an dan dijadikan santri-santri yang alim, nafiqin dan nafiqah serta ahli Sunnah Wal Jamaah.

Selamat memperingati Hari Santri Nasional ke 2 tahun 2016 kepada sifitas akademika Pondok Pesantren dan Madrasah se Kab. Bantul. Semoga Hari Santri Nasional yang di dorong oleh resolusi jihat menjadi momentum yang baik untuk santri di Kab. Bantul untuk menata Pondok Pesantren dan Madrasah di Kab. Bantul agar sempurna dan unggul serta berguna untuk kita semua. Insyaalloh kita (Pemerintah Kab. Bantul) dapat bantu membantu. Lingkungan Pesantren dan Madrasah Kab. Bantul mempunyai karakter agama yang kuat. Semoga kita diberi karomah, kemudaham di dalam belajar mendami agama Islam.

KH. Drs. Hendri Sutopo dalam kesempatan ini menyampaikan manakid Almaqfurlah KH. Humam Bajuri yang merupakan Kiyai Jangkep. Perjalanan keagamaannya sudah dilalukan secara konsisten. Aqidah murni telah Beliau laksanakan dan tidak pernah membecirakan masalah jimat dll. Mengenai Almaqfurlah mengatakan bahwa toriqoh yang paling baik adalah Sholat dengan sebaik-baiknya dan berjamaah. Dalam beribadah jika bisa pakaian yang digunakan lebih baik dari yang digunakan untuk acara resepsi minimal sama. Terakhir Almaqfurloh tidak pernah ikut dalam Politik.

Dalam acara pengajian yang disampaikan oleh KH. Ahmad Khurdi Mas'ud dari Rembang Jawa Tengah mengatakan Ulama yang baik dilakukan Haul ketika Ulama tersebut sudah meninggal untuk mengenang jasa dan pengorbanannya dalam memajukan agama Islam.

Kitab Alloh SWT yang diturunkan kepada para Nabi ada 104 Kitab (Nabi Sis 60 Kitab, Nabi Ibrahim 30 Kitab, Nabi Musa sebelum Taurot ada 10 Kitab, Taurot Nabi Musa, Injil Nabi Isa, Zabur Nabi Daud As dan Al Qur’an Nabi Muhammad SAW) Nabi tanpa kitab adalah Nabi Usac As. Kitab Alloh SWT tersebut kumpul di dalam Al Qur’an selanjutnya kumpul di dalam Surat Al Fatihah. Sesuai manakid yang disampaikan KH. Drs. Hendri Sutopo berpesan agar kita menjaga Sholat. Orang yang Sholat Khusuk orang yang ingat mati. Orang yang pandai bersyukur dengan ikhlas akan mendapat Surganya Alloh SWT. Umat Islam harus berbuat baik kepada tetangga, teman maupun orang lain karena baik akan terlihat baik dan mendapat balasan kebaikan begitu juga sebaliknya (Becik ketitil olo ketoro), Kiyai/ulama di akherat nanti mendapat tugas untuk menolong para jemaahnya dalam menyebrangi jembatan Sirotol Mustaqim. Selanjutnya diakhir acara ditutup dengan doa oleh KH. Ahmad Khurdi Mas'ud.

Pengajian peringatan Haul KH. Humam Bajuri dan Haflah Khotmil Quran Pondok Pesantren Al Imdad di Al Imdad 2 berakhir pada jam 24.00 wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:31

0 komentar:

CB