Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Di Pleret

Posted by tribratanewsbantul on 14:20

Jumat, 28 Oktober 2016 pukul 07.00 WIB bertempat di halaman Kantor Kecamatan Pleret telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2016 dengan tema "Pemuda Indonesia Menatap Dunia".

Hadir dalam upacara tersebut Kapolsek Pleret AKP Tony Priyanto, SH, SIK, Danramil Pleret Kapten Arm. Waluyo, Kepala Puskesmas Pleret dr. Fauzan, Kepala KUA Kec. Pleret Wiharno, S.Ag, Kepala UPTD Kec. Pleret Drs. H. Sumarjono, para Lurah Desa se-Kecamatan Pleret beserta perangkatnya, para pegawai Instansi Kecamatan Pleret, perwakilan Guru dan pelajar SMA, SMP dan SD se-Kecamatan Pleret.

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Camat Pleret Drs. Walkodri, M.Si, dan dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pemuda Dan Olahraga RI yang intinya melalui peringatan hari sumpah pemuda tahun ini kami menyampaikan salam hangat bagi tokoh-tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan manca negara beserta keluarga untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia, dan terus menjaga keutuhan NKRI.

Penghargaan dan hormat kita semua kepada Bung Karno Bapak Bangsa tokoh pemuda masa itu yang meneriakkan kalimat yang sangat terkenal yakni "Beri Aku 1.000 Orang Tua Niscaya Akan Kucabut Semeru Dari Akarnya, Beri Aku 10 Pemuda Niscaya Akan Kuguncangkan Dunia".

Upacara yang kita laksanakan ini adalah memperingati hari yang sakral yaitu hari kebangkitan pemuda Indonesia. Penghargan dan apresiasi kita berikan kepada Bung Karno sebagai proklamator yang menyerukan tentang kebangkitan pemuda Indonesia.

Kita temukan fakta bahwa sesuai demografi tahun 2014 pemuda 61,8 juta orang atau 24,5 % dari jumlah penduduk Indonesia. Rasio usia produktif terbaik indonesia akan kita nikmati di tahun 2020-2035 yaitu mencapai 64%  dan ini menjadi peluang untuk percepatan pembangunan negara.

Jika kita merenung dan merefleksikan pidato Bung Karno, maka sejatinya jumlah besar saja tidaklah cukup untuk bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan diperhitungkan di kancah dunia. Bung Karno hanya butuh pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia.

Ketika beberapa waktu lalu Indonesia bisa membawa Rio Haryanto di ajang F1, kita bisa menyadari bahwa pemuda Indonesia bisa menebus level dunia. Kita bisa mengembalikan medali emas di olimpiade Brasil melalui cabang olahraga Bulutangkis dan masih banyak lagi para pemuda yang melalui keahliannya masing-masing mencapai level dunia.

Hari ini adalah hari kebangkitan pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke, melalui teknologi teruslah bergerak untuk kemajuan Indonesia dan harumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sudah saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia. (Sihumas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:20

0 komentar:

CB