Evaluasi Dan Gelar Budaya Desa Triwidadi 2016

Posted by tribratanewsbantul on 13:13

Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto beserta anggota dibantu Linmas dan Rapi mengamankan kegiatan Evaluasi Gelar Potensi Budaya Desa Triwidadi 2016 bertempat di Balai Desa Triwidadi, Sabtu 29 Oktober 2016 jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Ketua Desa Budaya Sumidi Hadi Prayogo, tamu undangan dan Tim penilai Desa Budaya dari Dinas Kebudayaan DIY.

Ada 9 kesenian yang ditampilkan Desa Budaya Triwidadi diantaranya:
1. Upacara Adat dari Dusun Nanggul.
2. Karawitan anak-anak dari SD Trucuk.
3. Tari Golek Ayun-ayun dari Dusun Butuh Lor.
4. Dolanan anak dari SD Trucuk.
5. Hadroh dari Dusun Polaman.
6. Karawitan Remaja dari Dusun Butuh Lor.
7. Gejog Lesung dari Dusun Butuh Kidul.
8. Jathilan Klasik Panjang Rejo dari Dusun Pajangan.
9. Reog Kridho Bekso Pambong Budoyo dari Dusun Plambongan.

Evaluaso dari Tim Penilai menyampaikan perlu adanya pemberitahuan kepada masyarakat agar penonton melimpah. Setiap kesenian di Desa perlu dimasukkan di dalam profil Dusun dan Desa. Struktur organisasi Desa budaya agar dibuat sehingga jelas kepengurusannya. Kerajinan, lukisan dan pameran sudah bagus dan lengkap. Karawitan sudah bagus. Perlu adanya pengenalan dan pengertian blangkon dan aksesorisnya kepada anak-anak dan masyarakat Triwidadi. Senjata yang digunakan dalam pentas Jathilan dan Reog agar menggunakan replika dari kayu.

Pelestarian kesenian dan kebudayaan sudah bagus terbukti dengan banyaknya generasi muda yang turut serta berpartisipasi dalam acara ini dan perlu adanya regenerasi untuk pelaku-pelaku kesenian.

Gelar Budaya Desa Triwidadi ini dilaksanakan oleh Desa Budaya Triwidadi bekerja sama dengan pemerintaham Desa Triwidadi dan Karang Taruna Asung Bhakti Desa Triwidadi serta selesai dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:13

0 komentar:

CB