Polisi Panggil Orangtua Siswa SMP Pengguna Motor yang Terjaring Razia

Posted by tribratanewsbantul on 09:37

Polsek Imogiri menggelar razia kendaraan di Jalan Imogiri Panggang, Selasa, 11 Oktober 2016 pukul 06.00 Wib pagi, dengan sasaran utama pelajar SMP yang mengendarai sepeda motor.

Dalam razia kali ini, petugas terpaksa menilang 2 pengendara karena melanggar dan mengamankan puluhan sepeda motor yang dibawa para pelajar SMP ke Mapolsek Imogiri.

Polsek Imogiri lalu memanggil para orangtua pelajar SMP yang terjaring razia. Mereka lalu dikumpulkan di ruang aula Polsek Imogiri dan diberikan arahan oleh Kapolsek Imogiri Kompol Riyono, SH di dampingi  Iptu Slamet Zuana.

Dihadapakan orangtua yang anaknya terjaring razia, Kapolsek Imogiri Kompol Riyono, SH mengungkapkan bahwa razia yang digelar merupakan langkah prefentif pihak Kepolisian untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar.

Kapolsek meminta kepada orangtua siswa agar peduli dan melarang anak-anaknya membawa kendaraan sendiri ke sekolah, karena selain dapat membahayakan  orang lain, juga membahayakan si anak itu sendiri .
    
"Saya meminta kepada orangtua  memperhatikan anak-anaknya berangkat sekolah, jangan dibiarkan membawa kendaraan motor sendiri. Sebab dalam aturan lalu lintas mereka belum berhak mendapatkan Surat Izin Mengemudi," kata Kapolsek.
    
Mantan Kasat Sabhara Polres Bantul ini menekankan, kendati anak-anak usia SMP sekarang sebagian besar sudah bisa mengendarai motor, namun orangtua harus menyadari pada dasarnya anak SMP masih tergolong di bawah umur dan masih relatif belum mempuyai pemikiran yang matang layaknya orang dewasa.
    
Kapolsek juga menilai, kebanyakan orangtua saat ini lebih mementingkan pekerjaannya dari pada mengantar anak-anaknya ke sekolah sehingga anak-anaknya dibiarkan membawa sepeda motor sendiri ke sekolah.
    
"Solusinya adalah sebagai orangtua yang bijak, sebaiknya menyempatkan waktu untuk mengantar anak-anaknya ke sekolah terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan mengendarai sepeda ontel ke sekolah, malah lebih sehat," ujar Kapolsek.
   
Setelah arahan dari Kapolsek selesai, para orangtua dapat mengambil sepeda motornya dengan menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan. (Sihumas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:37

0 komentar:

CB