Lomba Desa Siaga Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2016 Di Sanden

Posted by tribratanewsbantul on 08:13

Desa Srigading Sanden Bantul mewakili Kecamatan Sanden maju dalam Lomba Desa Siaga Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2016. Penilaian lomba dilaksanakan di Aula Balaidesa Srigading dan Dusun Gedongan, Srigading, Rabu 23 Nopember 2016 pukul 09.15 Wib.

Hadir dalam giat tersebut, Camat Sanden Drs. Fatoni, Kepala Puskesmas Sanden dr Anastasia Endar, Aiptu Taryadi mewakili Kapolsek Sanden, Danposal Samas Pelda Usman, Aiptu Mujiyono mewakili Kasat Polair Polres Bantul, Serka Karnadi dari Koramil Sanden, Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo, SE beserta seluruh Pamong Desa, Ketua TP PKK Keca Sanden, Ketua TP PKK Desa Srigading, Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Srigading Drs. Tumarji beserta pengurus, Ketua Desa Siaga Srigading Bpk. Djubarso beserta pengurus, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sanden, Kepala Sekolah SD Wuluhadeg, pelajar kader kesehatan, pelajar kader kesehatan,  Pokdarwis, Karangtaruna.

Team yuri evaluasi Lomba Desa Siaga dipimpin Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ny. Erna Kusumawati Suharsono. Team yuri terdiri dari berbagai SKPD Pemda Bantul, yaitu Bappeda, Pemdes, Tapem, TP PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PMD, Kesbangpol, BKKPP dan KB, PMI.

Dalam evaluasi Lomba Desa Siaga, aspek penilaian ada 3 indikator yakni Pelayanan kesehatan dasar, Pemberdayaan masyarakat, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Wahyu Widodo, SE, Lurah Desa Srigading dalam sambutannya mengatakan, mewakili Pemerintah Desa Srigading mengucapkan selamat datang kepada team yuri dan seluruh undangan. Dalam presentasi administrasi, Desa Srigading mendapat peringkat pertama di Kabupaten Bantul, kemudian ditunjuk mewakili Lommba Desa Siaga, ujar Wahyu Widodo. Lebih lanjut Wahyu Widodo mengatakan, secara kontinyu Pemerintah Desa Srigading melaksanakan sinergi dengan instansi terkait guna mempersiapkan apa yang menjadi tugas dan wewenang Desa Siaga dalam membantu masyarakat.

Djubarso, Ketua Desa Siaga Srigading dalam paparannya menjelaskan bahwa terkait angka PHBS perokok sulit dikendalikan. Desa Siaga selalu mensosialisasikan bahaya merokok, utamanya di lembaga pendidikan. Anak-anak harus dijauhkan dari rokok, kalau sudah merokok akan sulit untuk berhenti, papar Djubarso. Lebih lanjut Djubarso mengatakan, Desa Siaga tidak berdiri sendiri tetapi bermitra dengan lembaga lain yang didanai APBDes. Desa Srigading sangat peduli dengan kesehatan masyarakat, dengan menganggarkan lebih dari Rp. 167 juta.

Sedangkan Ketua Team Evaluasi Lomba Desa Siaga, Ny. Erna Kusumawati Suharsono mengatakan, maksud dan tujuan kedatanagn team yuri, selain melaksanaan evaluasi lomba juga bersilahturahmi dengan warga Sanden dan Srigading. Ny. Erna Suharsono berharap, pelaksanaan verifikasi lapangan, dapat berjalan lancar dengan hasil yang terbaik.

Selesai melaksanakan penilaian di Balaidesa Srigading, team yuri menuju Dusun Gedongan yang menjadi sampel penilaian. Di Dusun Gedongan, team yuri melaksanakan pemeriksaan administrasi dan Posdaya yang terdiri dari Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia,  Rumah Sehat, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

Anggota team yuri, Siti Nur Afifah, SE dalam pesan kesannya menyampaikan, kegiatan Desa Siaga di Srigading sudah berjalan, artinya masyarakat sudah bersama-sama melaksanakan sesuai drngan bimbingan dari kesehatan. Suatu hal yang sangat menggembirakan, kita sudah melaksanakan kegiatan buat masyarakat sesuai visi Bupati Bantul, yaitu Kesehatan menjadi prioritas selain pendidikan, ujar Siti Nur Afifah, SE. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:13

0 komentar:

CB