Gubernur DIY Resmikan Empat Bangunan Pasar Baru Di Wilayah Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 14:35

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan empat bangunan pasar baru di Wilayah Bantul. Empat bangunan pasar baru yang diresmikan oleh Gubernur adalah Pasar Angruksari, Pasar Ngipik, Pasar Pleret dan Pasar Hewan Pandak. Peresmian keempat pasar tersebut dilaksanakan di Pasar Angkruksari Jalan Parangtritis km 21, Kretek pada hari Jumat, 31 Maret 2017 pukul 09.00 Wib.

Bupati Bantul yang hadir dalam peresmian pasar tersebut, dalam sambutannya mengatakan pasar desa adalah sarana akomodasi rakyat pedesaan untuk pengembangan ekonomi sumber daya desa ke jenjang internasional. Dengan adanya pasar desa ini menjadikan peningkatan ekonomi rakyat di pedesaan, mampu menjadikan penyedia seluruh kebutuhan masyarakat pedesaan.

“Pemerintah berharap agar pasar desa ini bisa memperluas lapangan pekerjaan, pasar desa ini bisa digunakan dan dirawat dan dijaga sebaik-baiknya,” ujar Suharsono.

Sementara itu, Gubernur DIY dalam sambutannya mengatakan untuk pengelolaan pasar jangan di alokasikan pada satu titik fisik saja, hendaknya juga harus diikuti rekapitulaksi menejeman, agar bisa berjalan dengan baik. Karena pasar rakyat merupakan titik yang strategis bagi pergerakan ekonomi rakyat. Serta merupakan interaksi antara masyarakat pedesaan dan internasional.

Menurut Gubernur, agar pengelolaan pasar berdasarkan SNI dalam kebersihan serta yang lainya. Salah satunya SOP harus digerakkan, agar bisa menjadi daya saing dengan pasar modern.

Sekarang sudah berdiri pasar modern yang menjadikan persaingan antara pedang lokal dan asing. Dengan dampak besar yaitu pasar rakyat mulai terdesak, sehingga menjadikan pasar rakyat berkurang sampai 8%.

Hal ini membuat pasar modern melaju pesat. Dengan demikian pasar desa harus mengikuti perkembangan pasaran modern, jika pasar rakyat tidak mendapatkan dukungan IT maka bisa akan tertingal dengan pasar online, karena kemungkinan tidak ada hukum yang pasti maka kedepan pasar rakyat akan tergusur dan tidak ada lagi.

Gubernur juga berpesan, setiap selesai pembangunan agar dilakukan evaluasi agar kedepan bisa diakumulasi keuntunganya, dan inflasi bisa didapatkan, serta setiap pengeluaran anggaran bisa dipertangungjawabkan.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim pasar resmi dibuka,” kata Gubernur.

Selanjutnya Gubernur melakukan penandatanganan prasasti dilanjutkan peninjauan kedalam pasar Angkruksari. Kegiatan berakhir pukul 10.30 Wib, situasi aman dan tertib dengan pengamanan dari Polsek Kretek, Koramil, Dishub dan SatPol PP Kabupaten Bantul. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:35

0 komentar:

CB