Pagelaran Wayang Kulit Merti Dusun Dadaphong

Posted by tribratanewsbantul on 19:17

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana dibantu linmas dan FKM mengamankan kegiatan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk acara puncak Merti Dusun di Sanggar Arjuna Dusun Dadapbong RT 02 Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu (19/3/2017) jam 20.00 Wib.

Pagelaran wayang kulit dihadiri oleh Bpk. Agus Subagyo DPRD DIY, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. Komisi A,  Bpk Eko Sutrisno Komisi C, Drs.Dahroni, M.M. Kepala Bidang Sejarah, Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Dukuh Dadapbong Munthoha
Ketua LPMD Desa Sendangsari Bpk. Dalijo, tamu undangan, Pamong, Dukuh Desa Sendangsari, dan ratusan warga masyarakat.

Dalam kesempatanya H. Sapta Sarosa, S. Psi anggota DPD Bantul mewakili tuan rumah dalam kesempatan ini mengucapkan selamat datang kepada seluruh undangan dan warga masyarakat yang hadir. Pagelaran Wayang kulit merupakan tontonan dan tuntunan yang baik untuk kita semua, mari kita ambil makna yang terkandung didalamnya, ajaknya.

Sambutan juga disampaikan bapak Agus Subagyo anggota DPRD DIY, Perkembangan teknologi menggeser nilai-nilai kebaikan di keluarga. Adanya HP bisa membuat kesibukan pribadi tanpa menghiraukan saudara maupun orang tua, untuk itu mari kita sikapi bersama dengan baik.

Aksi kekerasan yang sering disebut masyarakat Klitih sudah  sangat memprihatinkan. Anak usia SMP sudah melakukan kekerasan. Kami Dewan sedang merancangan Undang-Undang ketertiban umum untuk menanggulanginya. Kejadian ini merupakan krisis identitas anak yang ingin diakui dan diperhatikan oleh orang tua dan kita semua.

Aksi klitih ini adalah tanggung jawab kita bersama, tidak bisa menjadi tanggung jawab aparat keamanan, orang tua dan sekolah semata, pergaulan dan lingkungan anak menjadi faktor penentu aksi-aksi ini.

"Saya mengajak warga masyarakat yang menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit ini untuk memberi perhatian kepada anak-ananya dan terus melestarikan kesenian kebudayaan Yogyakarta yang Adi Luhung. Budi pekerti luhur, Guyub Rukun, Golog Gilig, Gotong Royong di dalam masyarakat Pajangan khususnya Dadapbong harus dipertahankan. "Selamat dan sukses atas terselenggaranya acara Merti Dusun ini semoga Dusun Dadapbong dan Kecamatan Pajangan tambah maju dan sejahtera serta Barodatun Toyyibatun Warrobun Ghofur, ucapnya.

Menandai dimulainya pagelaran Wayang Kulit diserahkan Tokoh Wayang "Gareng" dari Bpk Agus Subagyo kepada Dalang Ki Cermo Hadi Sutoyo dengan didamping anggota DPRD Kab Bantul H. Sapta Sarosa, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto dan Dukuh Dadapbong Munthoha. Lakon yang dimainkan "Gareng Dadi Ratu"  dan dimeriahkan Bintang tamu Mbak Rini dan Rio Srundeng. Pagelaran Wayang Kulit malam ini merupakan aspirasi warga masyarakat Dadapbong kepada Dinas Kebudayaan Kab. bantul melalui anggota DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa.

"Atas nama warga masyarakat Dadapbong mengucapkan terimakasih kepada seluruh Donatur dan anggota Dewan baik DPRD Kab Bantul dan DPRD DIY yang telah membantu terlaksananya acara perdana Merti Dusun Dadapbong tahun 2017", ujar Bpk Muntoha Dukuh Dadapbong.

Pagelaran berlangsung dengan meriah dan warga masyarakat merasa terhibur. Hingga selesainya acara jam 04.00 Wib situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:17

0 komentar:

CB