Kirab Budaya Merti Dusun Dadapbong Sendangsari

Posted by tribratanewsbantul on 19:30

Personil Polsek Pajangan mengamankan acara Kirab Budaya dan Umbul Dungo Pujho Basuki Merti Dusun Dadapbong  di Sanggar Arjuna Dusun Dadapbong RT 02 Sendangsari Pajangan Bantul , Minggu (19/3/2017) jam 13.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kebudayaan Kab Bantul Sunarto, SH, MM, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana, Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H., Dukuh Dadapbong Munthoha, Dukuh Krebet Kemiskidi, Dukuh Gupakwarak Soderi, Pokgiat LPMD, Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan warga Dusun Dadapbong. Acara Kirab Budaya Merti Dusun Dadapbong diikuti lebih kurang 500 orang.

Yang menarik dari acara ini, Bpk. Joko Purnomo yang juga warga Pringgading Guwosari dan sebagai anggota DPRD DIY turut menjadi Pasukan Bregodo Singosaren mengawal Kirab Gunungan hasil bumi.

Kirab Budaya dimulai dari lapangan Dusun Dadapbong RT 04 dengan menempuh jarak lebih kurang 1 Km. dan setelah sampai di Sanggar Arjuna dilanjutkan dengan Selamatan Umbul Dungo Pujo Basuki yang dipinpin kaum rois dusun Dadabong.

"Kita ingin menjaga dan melestarikan kesenian dan kebudayaan di Dusun Dadapbong dengan acara Merti Dusun ini. Umbul Dungo Pujo Basuki merupakan ungkapan syukur dan doa permohon warga kami kepada Alloh SWT agar dijauhkan dari mara bahaya, musibah dan selalu mendapat limpahan rejeki dan nikmat", ujar Munthoha Dukuh Dadapbong.

Kirab Budaya Merti Dusun Dadapbong Tahun 2017 mendapat pengamanan dari Polsek Pajangan, Linmas Desa Sendangsari dan FKPM Desa Sendangsari. Acara berlangsung dengan meriah dan berakhir sekira jam 14.30 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:30

0 komentar:

CB