Kapolres Bantul Ingatkan Remaja Rawan Jadi Sasaran Paham Radikalisme

Posted by tribratanewsbantul on 11:08

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK menjadi pembina upacara bendera di SMA 1 Pajangan Bantul, Senin (27/1/2020).

Dalam amanatnya didepan para siswa, Kapolres Bantul mengatakan para remaja yang masih berusia muda rawan menjadi sasaran paham radikalisme.

Menurutnya, paham radikalisme yang bersumber dari dalam maupun luar negeri manargetkan anak muda menjadi sasaran utama penyebaran paham tersebut.

Paham radikalisme akan cepat terserap oleh anak muda di rentang usia tersebut, terutama jika mereka tak memiliki kemampuan berpikir kritis.

Anak muda dinilai masih energik dan sedang mencari jati diri. Kemudian mereka juga semangatnya masih tinggi sehingga itu yang menjadi target utama para penyebar paham radikalisme.

Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi sangat diperlukan untuk memberikan edukasi, supaya paham radikalisme bisa terdeteksi secara dini.

Paparan radikalisme ini biasanya masuk kepada mereka yang tidak kritis dalam mempertimbangkan sesuatu.

Tak pelak, perlu pendekatan khusus agar paham-paham anti-Pancasila tidak semakin menyebar dan merugikan masyarakat.

Menurut Kapolres, upaya-upaya yang bisa dilakukan adalah pendekatan, termasuk mendekati keluarga. Karena apa, keluargalah yang paling tahu watak masing-masing. Jadi semua elemen harus dilibatkan untuk melakukan pencegahan. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:08

0 komentar:

CB