Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Hadiri Kegiatan MMD Bidang Kesehatan

Posted by tribratanewsbantul on 10:35

Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana menghadiri kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bidang kesehatan masyarakat yang digelar di Gedung Manggolo Manis Komplek Balai Desa Pendowoharjo, Sewon, Bantul,  Selasa (26/11/2020) siang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Sewon 1 ini dihadiri oleh Pj. Lurah Desa Pendowoharjo Baron Nur Cahyo A.Md, Kepala Puskesmas Sewon 1 dr. Anastasia Endar Widyaningsih, Babinsa Koramil 04/Sewon, Keder Kesehatan Desa Pendowoharjo.

Di sela-sela kegiatan, Bhabinkamtibmas Aiptu Heru Mulyana mengatakan, Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan.

Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama. Agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan.

Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisa dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri.

Aiptu Heru juga mengungkapkan, Survey Mawas Diri (SMD) Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo juga berharap dengan dilaksanakan SMD mawas diri tentang kesehatan masyarakat sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri serta mampu untuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:35

0 komentar:

CB