Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Berikan Pelatihan Satpam Kampus ISI Yogyakarta

Posted by tribratanewsbantul on 11:13

Satuan Pengamanan yang selanjutnya disingkat Satpam adalah satuan atau kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi atau badan usaha untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Untuk itu dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan, sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas Polsek Sewon menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan selama satu hari di Kampus IsI Yogyakarta, Rabu (25/11/2020) siang.

Dalam kegiatan tersebut, para anggota Satpam diberikan materi oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Aiptu Jedik Praptowo dan Aiptu Heru Mulyana, tentang tugas dan wewenang serta peranan Satpam di lingkungan pendidikan.

Disampaikan bahwa Satpam dituntut untuk lebih profesional baik dari segi struktur organisasi, perencanaan, tanggung jawab, prosedur, proses dan SDMnya.

Jadi tugas pokok Satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Fungsi Satpam adalah melindungi dan menjaga lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerja.

Sementara itu, Kapolsek Sewon AKP Suyanto SH saat diditemui di ruang kerjannya menyampaikan, bahwa di era digital seperti sekarang ini, Satpam harus meningkatkan kompetensinya. Hal itu penting dalam rangka mencegah gangguan keamanan di lingkungan kerja masing-masing.

“Satpam sebagai petugas pengamanan swakarsa diharapkan mampu membantu Kepolisian dalam menjaga kamtibmas di lingkungan kerjanya, sehingga turut berperan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelas Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:13

0 komentar:

CB