Kapolsek Bambanglipuro Hadiri Serah Terima Tong Sampah dan Rumah Pilah Sampah

Posted by tribratanewsbantul on 09:26

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM menghadiri acara serah terima tong sampah dan rumah pilah sampah dari Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) di Balaidesa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul, Kamis (26/11/2020) pagi.

Hadir dalam Kegiatan tersebut yaitu Kepala DLH Kab.Bantul Ari Budi Nugroho S.T M.Sc, Kapanewu Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa K.Kes, Danramil Bambanglipuro diwakili Sertu Widayadi, Kepala KUA Bambanglipuro Muhaimin S.Th I, Ketua YGSI Pradita Nurmaya Kusuma, Bhabinkamtibmas Desa Sumbermulyo Bripka Sugianto, Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani, Ketua BPD Desa Sumbermulyo Bapak Rubono, Para Kepala Dukuh se desa Sumbermulyo dan Tokoh masyarakat desa Sumbermulyo.

Sebanyak 500 tong sampah diberikan kepada 16 dusun dan 12 rumah pilah sampah diserahkan kepada 12 dusun di Desa Sumbermulyo Bambanglipuro. Dengan program tersebut diharapkan pengelolaan sampah di Sumbermulyo semakin baik.

Lurah Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Dra Any Widayani dalam sambutannya mengatakan bahwa pendampingan YGSI pada Desa Sumbermulyo sudah dilakukan sejak tahun 2015. Tahun ini 12 rumah pilah sampah dan 500 tong sampah diserahkan oleh YGSI.

Banyak program sudah diberikan kepada masyarakat. Mulai pendampingan kepada ibu-ibu, karangtaruna hingga Gapoktan. “YGSI juga memberikan pelatihan bagi pengelola sampah di Desa Sumbermulyo,” ujarnya.

Ketua Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI), Pradita Nurmaya Kusuma mengatakan pengelolaan sampah di Sumbermulyo jadi program pembangunan desa percontohan. Salah satu fokusnya pemberdayaan masyarakat.

Oleh karena itu YGSI dalam melaksanakan program itu sesuai yang dibutuhkan Desa Sumbermulyo. “Sumbermulyo cukup luas, penduduknya juga padat. Tentunya sampah masih menjadi permasalahan yang sulit diatasi disini. 

 “Harapannya pengelolaan sampah di Sumbermulyo ini jadi inspirasi desa lainnya dalam mengelola sampah. Kami tidak hanya membangunkan rumah pilah sampah, namun kami bekali pengelola agar bisa mengoptimalkan dalam pengelolaan sampah,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Ari Budi Nugroho ST MSc mengatakan, diserahkan 12 rumah pilah sampah dan 500 tong sampah bagi 16 dusun di Sumbermulyo. YGSI sudah berperan aktif mendukung kegiatan di Sumbermulyo salah satunya penanganan sampah. Kegiatan YGSI ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat Bantul dan Sumbermulyo khususnya.

Kegiatan berakhir hingga pukul 11.00 WIB, situasi aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:26

0 komentar:

CB