Kapolsek Bambanglipuro Hadiri Simulasi Pemungutan Suara Pilkada Bantul 2020

Posted by tribratanewsbantul on 09:17

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM menghadiri kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2020 yang digelar di Kantor Kapanewon Bambanglipuro Bantul pada Minggu (29/11/2020) pagi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Bantul ini, juga dihadiri oleh Ketua Divisi Teknis KPU Bantul Joko Santosa, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bantul Bidang Organisasi dan Program Nuril Hanafi, Panewu Bambanglipuro Drs. Lukas Sumanasa M.Kes, Danramil Bambanglipuro diwakili Sertu Widayadi, Ketua PPK Bambanglipuro Mujiyanto, Ketua Panwascam Bambanglipuro Supargiyo, PPS se Kapanewon Bambanglipuro dan peserta simulasi 220 orang.

Ketua Divisi Teknis KPU Bantul, Joko Santosa menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini akan mempraktekkan sejak petugas membuka pemungutan sampai dengan pengiriman hasil penghitungan ke Kapanewon. Simulasi akan diikuti oleh petugas KPPS yang nantinya akan bertugas di tanggal 9 Desember 2020.

Joko Santosa menambahkan, dalam simulasi nanti juga akan dipraktekkan protokol kesehatan di setiap tahapan, mulai pengukuran suhu tubuh, pemberian sarung tangan sekali pakai. Kemudian para pemilih yang ada di TPS juga diwajibkan untuk tetap menjaga jarak.

Selain penerapan protokol kesehatan, dalam simulasi juga akan dipraktekkan pengisian formulir hasil dengan metode aplikasi SIREKAP. Meskipun hasil akhir yang akan digunakan adalah hasil perhitungan manual, akan tetapi Sirekap tetap akan dijalankan sebagai bentuk publikasi dan transparansi proses penghitungan suara.

Sementara disela-sela live streaming, Kapolsek Bambanglipuro beserta unsur Forkompincam Bambanglipuro memberikan pesan-pesan yaitu Polri bersama TNI dan Pemerintah setempat siap mengamankan Pilkada, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensuksekan Pilkada dengan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember 2020.

Pada kesempatan yang sama Ketua PPK Bambanglipuro menegaskan, bahwa untuk setiap TPS nantinya akan dilengkapi dengan alat pelindung diri yaitu face shield dan masker untuk KPPS, hand sanitizer dan perlengkapan cuci tangan.

Selain itu, di masing-masing TPS juga akan diberikan perlengkapan sprayer beserta disinfektan. Proses sterilisasi dengan disinfektan di TPS akan dilakukan secara berkala oleh petugas ketertiban TPS sejak sebelum pemungutan suara dimulai sampai dengan penghitungan suara selesai.

Saat ini alat pelindung diri (APD) untuk TPS sedang dilakukan proses pengepakan di KPU Bantul. Direncanakan APD akan dikirim secara berkala melalui penyelenggara di tingkat Kecamatan dan selanjutnya didistribusikan ke TPS sehari sebelum pemungutan suara berlangsung. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:17

0 komentar:

CB