3 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Menggunakan Kendaraan Pribadi Ala Polres Bantul

Posted by Humas Polres Bantul on 14:35

Lebaran 2023 semakin mendekat, masyarakat pun sudah mulai melakukan perjalanan mudik di akhir pekan ini.

Diprediksi sekitar 1,5 juta hingga 2 juta pemudik bakal masuk ke wilayah Kabupaten Bantul. Pemudik akan semakin banyak dan memadati berbagai transportasi umum dan ruas jalan yang ada.

“Arus mudik diprediksi bakal mulai terjadi sejak tanggal 19 April 2023. Sementara puncaknya terjadi pada tanggal 21 April,” terang Kasatgas V Humas Operasi Ketupat Progo 2023, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Selasa (18/4/2023).

Arus Mudik Dengan pergerakan sebesar itu, baiknya masyarakat mempersiapkan perjalanan mudik dengan matang agar selamat sepanjang perjalanan sehingga bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman saat Lebaran 2023. Berikut beberapa tips bagi warga yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

1.    Periksa dan pastikan keadaan tubuh anda sehat

Disarankan agar pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi harus mempersiapkan segala hal untuk menghadapi macet panjang, seperti kondisi fisik kendaraan dan pengemudi, bekal dan obat-obatan dalam kendaraan.

2.    Persiapkan rute perjalanan yang terbaik

Khusus untuk kendaraan pribadi, disarankan agar menghindari jalan alternatif atau jalan tikus jika kurang mengenal rute tersebut. Pasalnya, di jalur alternatif apalagi jalur tikus, jika terjadi kemacetan sering terkunci yang justru akan menyebabkan perjalanan menjadi lebih lama.

3.    Jangan lupa membawa surat pribadi dan surat kendaraan, serta pastikan kendaraan dalam keadaan Prima

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya anda menyiapkan surat pribadi dan surat kendaraan untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu. Anda harus pastikan mesin kendaraan dalam kondisi baik sebelum perjalanan mudik. Jangan lupa, Anda cek juga ban, oli, dan rem kendaraan berfungsi dengan baik.  

“Pastikan mudik aman, mudik sehat dan mudik berkesan,” tutupnya.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:35

0 komentar:

CB