Antisipasi Pencurian Rumah kosong Saat Lebaran, Polsek Sewon Intensifkan Patroli

Posted by Humas Polres Bantul on 13:18

Aksi pencurian di rumah kosong kerap terjadi pada musim mudik Lebaran. Para pelaku terkadang nekat beraksi mengincar barang berharga di rumah yang ditinggalkan pemiliknya.

Hal itu pula yang menjadi fokus dan perhatian khusus Polsek Sewon Polres Bantul untuk menciptakan situasi kamtibmas Polsek Sewon, dimana banyak warga yang melaksanakan mudik , maupun bersilaturahmi dengan keluarga atau pergi untuk berwisata.

Menanggapi itu, Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W. S.H., Msi., mengatakan, melalui Operasi Ketupat Progo 2023, pihaknya akan meningkatkan patroli selama Lebaran dengan melibatkan semua unit satuan.

Meskipun Kapanewon Sewon relatif aman dan kondusif, ia mengimbau masyarakat tidak lengah dan waspada. Sebisa mungkin menjaga keamanan barang pribadi, misalnya, menitipkan kendaraan kepada orang terpercaya sebelum mudik. “Jangan lupa juga barang berharga agar diamankan atau tidak ditinggalkan," ucapnya.

Selain itu, sebelum berangkat, pemudik diimbau terlebih dahulu mengecek kondisi rumah, termasuk memastikan tidak ada potensi bahaya.

“Mulai mengunci tiap jendela dan pintu hingga dalam keadaan aman, mematikan semua barang elektronik, melepas steker dari stop kontak, mencabut selang dari tabung gas, menyalakan lampu teras rumah, serta menutup keran air” jelas Kapolsek.

Selain itu, sebelum meninggalkan rumah, mudik dianjurkan untuk memberitahukan kepada tetangga atau ke ketua RT setempat, bahwa akan pulang ke kampung halaman, tujuannya, petugas keamanan bisa memetakan lokasi tersebut untuk dilakukan patroli rutin imbuhnya.

"Masyarakat harus tetap menjadi polisi bagi diri sendiri. Dalam artian harus mawas diri dan peduli dengan keamanan diri sendiri dulu," tutupnya. ( Humas Polsek Sewon )
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:18

0 komentar:

CB