Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Selesaikan Permasalahan Warga Melalui Problem Solving

Posted by tribratanewsbantul on 10:57

Sebagai ujung tombak Kepolisian di kewilayahan, peran personel yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kewajibannya harus selalu hadir ditengah warga masyarakat dan juga selalu membantu menyelesaikan atau memecahkan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh warganya.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agus S SH menyelesaikan permasalahan warganya melalui problem solving, di Dusun Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul, Selasa (4/4/2023).

Adapun dalam penyelesaian masalah, Bhabinkamtibmas Bripka Agus S SH dan Dukuh Kembaran menghadirkan kedua belah pihak untuk membahas dan mencari jalan tengah untuk penyelesaian masalah yang dihadapi kedua belah pihak.

Di sela-sela penyelesaian masalah, Bhabinkamtibmas Bripka Agus S SH selaku memberikan nasihat dan imbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH mengatakan, sebagai ujung tombak di kewilayahan Bhabinkamtibmas harus berperan aktif di wilayah tugasnya masing-masing.

Selain itu, ia juga menekankan kepada para Bhabinkamtibmas agar lebih dekat dengan masyarakat dan apabila ada suatu permasalahan warga binaannya segera lakukan problem solving untuk menemukan solusi dan jalan tengahnya. Hal ini merupakan salah satu tugas Bhabinkamtibmas.

“Diharapkan dengan adanya problem solving ini, permasalahan yang dialami oleh setiap warga dapat diselesaikan dengan musyawarah, sehingga tidak sampai ke ranah hukum,” Tambah Kapolsek Kasihan.

Di akhir Kegiatan, Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak dan saling meminta maaf saling berjabat tangan, serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:57

0 komentar:

CB