Pembentukan, Pelantikan dan Bimtek KPPS Pilurdes Murtigading Tahun 2016

Posted by tribratanewsbantul on 09:55

Bertempat di Pendopo Balaidesa Murtigading, Sanden, Bantul berlangsung kegiatan "Pembentukan, Pelantikan dan Bimtek KPPS Pemilihan Lurah Desa Murtigading Tahun 2016", Jum'at 23 September 2016 pukul 20.30 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Lurah Desa Murtigading Rudi Suharto, SIP, Kanit Intelkam Polsek Sanden Aiptu Wiyana, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Aiptu Sabari, Kepala KUA Sanden Munbazigh, SAg, Ketua BPD Desa Murtigading Agus Rahajudi, SPd, Ketua Panitia Pemilihan lurah Murtigading Tyasnotamtomo, SPd, Pamongdesa Murtigading, serta 18 calon Ketua KPPS dan anggota.

Acara diawali dengan pembacaan SK BPD tentang Pergantian Antar Waktu Panitia Pemilihan Lurah Desa Murtigading, Pemberhentian Anggota Panitia Pemilihan Lurah Desa Murtigading Tri Susedya Purwana (Kurahan 2) dan mengangkat Marjono (Mayungan 1).  Pemberhentian dan Pengangkatan dilakukan oleh H. Jumarno selaku Sekretaris BPD Murtigading. Pergantian Antar Waktu terpaksa dilakukan dikarenakan Tri Susedya sedang sakit.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Ketua KPPS se-Desa Murtigading diawali dengan pembacaan SK pengangkatan yang dilakukan oleh Ketua Panitia Pemilihan lurah Murtigading Tyasnotamtomo, SPd.

Adapun Ketua KPPS se-Desa Murtigading yang dilantik yaitu :
- KPPS TPS 1 Purwanto : Ngentak
- KPPS TPS 2 Sugirman, SPd : Pucanganom II
- KPPS TPS 3 Sudarmono : Trisigan I
- KPPS TPS 4 Rofu al Ahya : Trisigan II
- KPPS TPS 5 Suparjo : Dagan
- KPPS TPS 6 Nurhamid, SPd : Sanggrahan
- KPPS TPS 7 Sanur Hidayat : Kurahan I
- KPPS TPS 8 Nur singgih, SP: Kurahan II
- KPPS TPS 9 Sutadi : Piring I
- KPPS TPS 10 Bambang Maryanto : Piring II
- KPPSTPS 11 Drs. Rustam : Mayungan I
- KPPS TPS 12 Hidayat, SPd : Mayungan II
- KPPS TPS 13 Ir. Purwanto DT : Pucanganom II
- KPPS TPS 14 Cahyo Pramono, SP : Pucanganom III
- KPPS TPS 15 R. Bambang Pin Erwanta, MM : Sanden
- KPPS TPS 16 Kusdianto : Bongoskenti
- KPPS TPS 17 Ida rustanto : Peciro
- KPPS TPS 18 Ganang Prabowo, Amd : Kranggan
Dilanjutkan dengan penandatanganan SK pengangkatan.

Pj. Lurah Murtigading Rudi Suharto, SIP menyatakan pergantian antar waktu dilakukan dikarenakan faktor kesehatan. Apabila tidak dilakukan pergantian maka teknis administrasi pelaksanaan pemilihan dapat terganggu.

"Selamat kepada Ketua KPPS yang baru saja dilantik, semoga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya", ujar Rudi.

Rudi menambahkan bahwa pilurdes bertujuan untuk kemaslahatan warga masyarakat Murtigading.

Drs. Nur Raharjo (Wakil Ketua BPD Murtigading) yang menjadi narasumber dalam bintek antaralain menyatakan bahwa suksesnya pelaksanaan pemilihan lurah desa salah satu faktornya adalah kinerja KPPS. Yaitu melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang ada dan memegang teguh sumpah jabatan yang telah diucapkan pada saat pengangkatan.

Lebih lanjut dikatakan, pentahapan pelaksanaan pilurdes Desa Murtigading telah dilakukan sesuai dengan aturan.

Daftar pemilih tetap (DPT) di Murtigading ada 6.857 orang dan adanya daftar pemilih tambahan (DPTb). Persyaratan dalam hal pemilih adalah hal yang sangat sensitif, sehingga KPPS harus menguasai kriteria persyaratan warga yang dapat memilih calon lurah. Dalam pelaksanaan tugas, pemilihan dimulai pukul 07.00 wib. Untuk DPTb diberikan waktu pukul 12.00 s/d 13.00 wib dengan tujuan agar tidak tumpangtindih dengan DPT.

Menurut rencana H-1 kotak TPS akan dikirim sehingga perlu penjagaan di TPS dan kotak suara. Untuk penghitungan suara dilaksanakan mulai pukul 13.00 wib. Selanjutnya membuat pelaporan kepada Panitia 9 dan pengiriman kotak minimal diwakili oleh sekretaris karena akan diberikan berita acara serah terima, papar Drs. Nur Raharjo.

Dalam kegiatan tersebut jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan dan giat berjalan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:55

0 komentar:

CB