Penggusuran Mess Persiba, Bupati Bantul Tawarkan Lokasi Baru

Posted by tribratanewsbantul on 22:19

Perwakilan ratusan Suporter Persiba Bantul yang melakukan aksi unjuk rasa akhirnya ditemui oleh Bupati Bantul di Kantor Bupati Bantul, Jumat, 23 September 2016.

Sebelumnya massa seporter ini berkumpul di Mess Persiba Bantul jalan Gajah Mada No.1 Sewon Bantul. Kemudian setelah melakukan orasi berangkat menuju kantor DPRD Bantul untuk melakukan aksi damai menanyakan tentang penggusuran Mess Persiba. Mereka meminta anggota dewan ikut campur tangan agar permasalahan ini segera tuntas.

Selanjutnya diadakan pertemuan mediasi diruang Ketua DPRD yang dihadiri oleh ketua DPRD Kab Bantul Hanung Raharjo, Wakil ketua DPRD Kab Bantul Nur Subianto, Kesat Pol PP Hermawan sitiaji Sio MH, Kapolsek Bantul Kompol Paimun, SH, Lurah Pasir Bumi, Manajer Persiba Hendro Sulastomo dan beberapa perwakilan massa.

Dalam mediasi ini Ketua DPRD mengatakan pada intinya permasalahan ini bisa diselesaikan dengan musyawarah. Dan masalah ini sudah kami sampaikan ke Pemda Bantul, oleh karena itu lebih baik masalah ini kita tanyakan ke Bupati Bantul. Selanjutnya massa berjalan kaki menuju Kantor Pemda Bantul untuk menemui Bupati Bantul.

Akhirnya terjadilah Pertemuan antara jajaran manajemen, perwakilan suporter Tim Persiba Bantul dengan Bupati Bantul Drs H Suharsono di Kantor Bupati Kompleks Parasamya Bantul

Pertemuan ini dihadiri  Endro Sulastomo  (dari Manajemen Persiba Bantul ), Hanung Raharjdo (Ketua DPRD Bantul), Lurah Paser Bumi, Rumawan, Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Bantul, Supriyanto Widodo, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Didik Warsito dan Kapolsek Bantul Kompol Paimun, SH.

Pada pertemuan itu akhirnya dapat menemukan sejumlah solusi terkait mess tim kebanggaan masyarakat Bantul itu. Meski bangunan yang dulu jadi Mess Persiba Bantul sudah dikontrak Universitas Nahdlatul Ulama (UNU). Pemkab Bantul memberikan keluluasaan pada manajemen Persiba Bantul memilih lokasi yang sesuai kebutuhan. Karena  sudah tidak mungkin dilakukan pembatalan MoU antara UNU dengan Pemkab Bantul.

Endro Sulastomo mengungkapkan, jika memungkinkan Persiba Bantul tetap bisa menempati mess di Jalan  Bantul itu.  Hal tersebut penting lantaran menyangkut sejarah  perjuangan Persiba Bantul  dari divisi terbawah hingga juara dikancah nasional.  Bahkan Indro sempat  meminta jika masih bisa mess ditempati Persiba sementara UNU diberikan tempat  baru. Terkait dengan soal perpanjangan  kontrak sebenarnya Persiba sudah menyerahkan kepada pengurus PSSI Pengcab Bantul. 

Bupati Bantul, Drs H Suharsono mengungkapkan, selama ini pihaknya sebenarnya menunggu manajemen Persiba Bantul untuk duduk bersama membahas Persiba Bantul, termasuk soal mess.

Namun komunikasi terputus hingga persoalan messpun akhirnya terbengkelai. Padahal jika sejak awal sudah ada komunikasi, tentu Pemkab Bantul tidak menyewakan ke pihak lain. 

Bupati menjelaskan, pihaknya juga tidak bisa membatalkan perjanjian sewa dengan UNU. "Lokasi itu oleh UNU disewa sementara, selama proses pembangunan kampus berlangsung. Jika sudah selesai tentu akan dikembalikan ke pemerintah Bantul dan bisa dipakai untuk mess Persiba Bantul," jelasnya.

Pemkab Bantul juga tidak lepas tangan begitu saja. Pihaknya berusaha mencarikan solusi tempat lain, mengingat Pemkab Bantul punya banyak aset yang bisa dipakai.  Bupati mendukung sepenuhnya Tim Persiba Bantul. Apalagi jika semua materi pemainya berasal dari putra asli Bantul. "Saya dukung sepenuhnya Persiba Bantul, bagaimana caranya warga asli Bantul ini jadi profesional," ujarnya.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Didik Warsito mengatakan,  kontrak dari UNU sifatnya sementara selama proses pembangunan kampus saja. Sesuai dengan kesepakatan, kontrak  tempat itu setiap tahun diperpanjang. “Setiap satu tahun diperpanjang, jadi tidak dalam tempo lama langsung,” ujarnya. juga siap membantu Manajemen Persiba Bantul mencari  tempat  untuk mess. “Kami akan damping dimana lokasinya, karena yang tahu kebutuhannya dari manajemen,” ujarnya.

Selama kegiatan berlangsung Personil Polsek Bantul dan Polres Bantul dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Dhanang Bagus Anggoro, SH, SIK melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 22:19

0 komentar:

CB