Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Kabupaten Bantul 2016

Posted by tribratanewsbantul on 21:18

Rabu, 02 Oktober 2016, bertempat di komplek kantor Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Bantul yang beralamat di Jalan Bantul, Pucung, Pendowoharjo, Sewon, Bantul telah berlangsung kegiatan Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 36 Tingkat Kabupaten Bantul 2016, dengan tema “Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim”.

Hadir dalam kegiatan tersebut , Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mewakili Bupati, Kasat Binmas Polres Bantul AKP  Handiko Widiyanto, SH, MH mewakili Kapolres Bantul, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DI.Yogyakarta Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si., Kepala Dinas Pertanian Propinsi DIY, Ir. Sasongko, M.Si, Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Propinsi DIY, Kepala Dianas Kehutanan dan Perkebunan Propinsi DIY, SKPD kabupaten Bantul, Danramil Sewon Mayor Inf. Agus S mewakili Dandim Bantul, Kepala Kantor BPKPPP Kab Bantul Ir. Pulung Hariyadi, M.Sc, Erna Kusmawati selaku Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Camat Sewon Kwintarto Heru Prabowo.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pementasan seni  Tarian Angbatik dan dilanjutkan penyerahan dan penghargaan Bidang Penyuluhan Tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional, Gapoktan penyuluhan juga diberikan penghargaan pelaku ketahanan pangan Tingkat Kabupaten dan Tingkat Propinsi.

Selesai acara penyerahan dan penghargaan kegiatan dilanjutkan pengukuhan kelompok tani Tingkat Kabupaten Bantul kemudian dan penyerahan sertifikat SK bibit unggulan kepada Kepala BKP3 Kab. Bantul yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Bantul.

Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk menyegarkan kesadaran masyarakat akan penting dan wajibnya pemenuhan kebutuhan dan ketersediaan pangan yang cukup dan bergizi, Peringatan itu juga untuk meningkatkan semangat dan etos kerja untuk terus berusaha memanfaatkan potensi pangan yang ada sebagai kebutuhan dasar masyarakat yang kecukupannya baik dari segi Kualitas maupun kuantitas,  Menurutnya hal tersebut tidak dapat diwujudkan hanya dengan mengandalkan upaya yang dilakukan Pemerintah, namun partisipasi dari seluruh pihak dan seluruh lapisan masyarakat sangat diharapkan sebagai penentu terwujudnya ketahanan pangan..

“Pengembangan konsumsi pangan diarahkan agar kita tidak tergantung kepada satu jenis pangan saja, tetapi harus dapat memanfaatkan beraneka ragam bahan pangan” ujarnya.

Dalam memperingati hari pangan sedunia  (HPS) XXXVI 2016 tingkat kab Bantul juga di adakan Bazar selama 2 hari di mulai dari tanggal 02 November 2016 sampai dengan 3 November 2016 yang diikuti 34 stand  dengan menampilkan aneka pangan local, aneka produk pertanian, dan sembilan bahan pokok. Dalam kegiatan tersebut Polsek sewon menerjunkan personilnya guna mendukung kelancaran kegiatan tersebut. ( Sihumas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 21:18

0 komentar:

CB