Unit Binmas Polsek Pleret Perkenalkan Peran Tugasnya Melalui Siaran Online

Posted by tribratanewsbantul on 21:31

Rabu, 02 November 2016 pukul 09.00 WIB Polsek Pleret kembali melakukan Talkshow di Radio Swadesi 107.9 FM dengan menghadirkan narasumber dari Unit Binmas Polsek Pleret yakni oleh Kanit Binmas Polsek Pleret Aiptu Supomo bersama anggotanya.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas memperkenalkan diri beserta 5 anggotanya yang bertugas di wilayah desa binaannya masing-masing yakni Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo, Bhabinkamtibmas Desa Pleret, Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso, Bhabinkamtibmas Desa Bawuran dan Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo dengan memberikan gambaran situasi kamtibmas, karakteristik masyarakat serta tingkat kerawanan baik kriminalitas maupun bencana alam.

Kemudian disampaikan pula secara umum tugas, fungsi dan peran Bhabinkantibmas sebagai garda terdepan Polri.

Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa/kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Peran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat, harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil yakni kelurahan atau desa, mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat.

Bhabinkamtibmas harus mampu memfasilitasi permasalahan tersebut agar diselesaikan melalui forum yang lebih tepat, baik melalui FKPM maupun forum kemitraan dengan instansi pemerintah di tingkat kelurahan dan stake holder yang ada dalam masyarakat.

Kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan oleh Bhabinkamtibmas adalah sambang atau melakukan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat. Prinsipnya, kegiatan Bhabinkamtibmas hanya perlu Datang, Duduk, Dengar, Dialog dan Catat. Kegiatan itu bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di rumah, bisa juga dilakukan di warung, di lapangan, di toko atau dimanapun.

Di akhir talkshow Kanit Binmas menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas akan selalu dekat dengan masyarakat. Dan harapan kami dukungan/peran aktif warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Pleret tetap kondusif. (Sihumas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 21:31

0 komentar:

CB