Kapolsek Pleret Hadiri Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 07:20

Kapolsek Pleret AKP Riwanta menghadiri kegiatan Lomba Desa, Pengelolaan Posyandu dan Evaluasi LPMD tingkat Kabupaten Bantul yang dilangsungkan di Pendopo Balai Desa Wonolelo, Pleret, Bantul. Selasa (25/2/2020) siang.

Hadir diantaranya Asek III Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bantul Ir. Pulung Haryadi M.Sc, Kabag Adm. Pemerintahan Kabupaten Bantul Jazim Aziz SH, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj. Erna Suharsono, Forkompincam Pleret, Kepala KUA Pleret Bayu Dirgohandoyo S.Ag, Kepala Puskesmas Pleret dr. Erni Rochmawati, Lurah Desa se Kecamatan Pleret beserta Pamong Desa, Kanit Binmas Polsek Pleret Iptu Gunawan Wibisono, Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Aiptu Supomo dan Babinsa Sertu Purwanto serta tamu undangan lainnya. Hadir sebagai tim penilai dipimpin oleh Kepala DPPKBPMD Bantul Dra. Sri Nuryanti M.Si beserta anggotanya.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Desa Wonolelo H. Akhmat Furqon A.Md saat memaparkan profil Desa Wonolelo, juga menyampaikan harapannya semoga dengan adanya lomba desa ini, bisa membawa manfaat untuk kemajuan Desa Wonolelo.

Sementara itu, Kepala DPPKBPMD Bantul Dra. Sri Nuryanti M.Si selaku Ketua Tim Penilai memberikan arahan dan motivasi. Dalam arahannya menyampaikan, bahwa lomba desa tidak hanya untuk mencari juara atau pemenang. Tetapi lebih dari itu, bahwa lomba desa ini dilaksanakan atas dasar untuk melakukan pembinaan kepada seluruh Pemerintah Desa agar selalu berbenah diri dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Bagi pemenang tentu menjadi sebuah kebanggaan. Sedangkan bagi yang belum berhasil mendapatkan kejuaraan, maka lomba ini menjadi momentum bagi desa untuk mengevaluasi diri agar menjadi lebih baik lagi.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa lomba desa merupakan agenda nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparat desa dalam melaksanakan tugasnya, mendongkrak swadaya dan partisipasi masyarakat dalam membangun desanya, sebagai sarana media inovasi perkembangan desa.

Adapun dalam lomba desa ini ada dua tahapan penilaian, yaitu penilaian adminsitrasi dan kunjungan lapangan ke dusun yang menjadi sample. Penilaian administrasi meiliputi seluruh kegiatan desa sesuai dengan regulasi dan juga administrasi seluruh LKD desa.

Sedangkan dalam kunjungan lapangan, tim penilai melakukan evaluasi ke Kampung KB di dusun Depok dan pengelolaan Posyandu di dusun Cegokan.

Seluruh rangkaian kegiatan lomba desa berjalan lancar dengan pengamanan dari Polsek Pleret bersama Koramil Pleret, serta dibantu FPRB Desa Wonolelo. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:20

0 komentar:

CB