Masuki Musim Hujan, Tim SAR Sat Sabhara Polres Bantul Tingkatkan Latihan

Posted by tribratanewsbantul on 15:36



Selain bertugas mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguaan ketertiban lainnya, Fungsi Sabhara juga mempunyai tugas untuk melaksanakan SAR terbatas.

Dan dalam rangka meningkatkan kemampuan tanggap darurat personilnya, Polres Bantul secara periodik menggelar latihan SAR terutama pada saat datangnya musim hujan seperti penyelamatan korban bencana alam oleh banjir, tanah longsor, kecelakaan di perairan dan lain-lain.

Kali ini, latihan SAR difokuskan untuk untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan SAR yang di gelar di Sungai Oya dan sungai Opak Seloharjo, Pundong, Bantul, Kamis, 17 Desember 2015.

Dalam latihan ini, personel Tim SAR dilatih untuk mengevakuasi korban banjir yang diakibatkan oleh luapan Sungai Oya maupun Sungai Opak dengan peralatan yang ada seperti tali, perahu dan lain lainnya. Selain itu, personel Tim SAR juga dilatih untuk menyelamatkan korban yang terjebak dalam sumur

Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Agus Nuryanto, S.Sos mengatakan latihan SAR ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kesiapsiagaan anggota dalam menghadapi bencana alam yang setiap saat datang tiba tiba.

Menurutnya, untuk dapat mewujudkan harapan dan kepercayaan masyarakat, diperlukan kompetensi yang baik dari pelaksana atau sumber daya manusia Polri, khususnya tugas yang diemban anggota Sabhara sebagai pengemban tugas SAR terbatas.

Kasat Sabhara menegaskan, bahwa Tim SAR Polres Bantul senantiasa siap siaga memberikan bantuan kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam. “Kami siap memberikan bantuan SAR dalam penanggulangan bencana dan musibah lainnya yang dihadapi oleh masyarakat,” ujar Kasat Sabhara. (Sat Sabhara)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:36

0 komentar:

CB