Upacara Peringatan HUT Satpam Ke 35 Di Polres Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 12:57

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke 35 di Kabupaten Bantul di pusatkan di halaman Mapolres Bantul, Rabu, 30 Desember 2015 pukul 08.00 Wib.

Pj Bupati Bantul, Drs. Sigit Sapto Rahardjo, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara tersebut. Upacara HUT Satpam kali ini juga dihadiri oleh, Kapolres Bantul, AKBP Dadiyo, SIK, Kasubdit BinSatpam/Polsus Dit Binmas Polda DIY, AKBP Ahmad Hanafi, S.Ag, para Pejabat Polres Bantul, Kapolsek Jajaran, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Bantul, FX. Agus Subagja, Danramil Bantul Mayor Inf. Drs. Sutarno, Ketua Senkom Bantul serta para Bhabinkamtibmas.

Sedangkan untuk pasukan upacara terdiri dari para Satpam dari berbagai instansi dan perusahaan, Sat Pol PP, Satuan Polisi Khusus Rutan Bantul, FKPM dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Bantul membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti pada HUT Satpan ke 35. Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel Satuan Pengamanan dimanapun bertugas, atas dukungan dan partisipasi aktif dalam rangka memelihara keamanan di lingkungannya.

Tak lupa Kapolri juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh personel   Satuan Pengamanan. Melalui peringatan  hari ulang tahun Satpam ini, Kapolri mengajak agar peringatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan introspeksi  dan  evaluasi  terhadap kinerja  yang telah  ditampilkan.

Tentunya melalui perbaikan danpenyempurnaan  terhadap pelaksanaan tugas, Kapolri berharap peran Satpam sebagai mitra Polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal.

Kapolri juga mengungkapkan, memahami beratnya tugas dan tanggung jawab yang  diemban, Polri menyadari tidak dapat bekerja sendiri. Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi keamanan termasuk Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas.

Dalam   pelaksanaannya, Satpam diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaan Kamtibmas. Dukungan tersebut telah ditunjukkan dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personal, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Menurut Kapolri, selama  kurun  waktu  35  tahun  berkiprah, Satuan Pengamanan dinilai telah mampu menampilkan kinerja yang optimal dalam rangka membantu Polri. Dengan kewenangan Kepolisian terbatas yang dimiliki, para personel Satpam telah membantu dalam mengamankan para pelaku kejahatan, memberikan informasi terkait tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya serta melaksanakan patroli guna menjamin terciptanya rasa aman pada lingkungan kerjanya.

Kapolri juga memberi apresiasi terhadap berbagai upaya bersama yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para personel Satpam. berbagai pelatihan dan simulasi telah diberikan kepada personel Satpam agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam mengahadapi perkembangan situasi kamtibmas.

Adapun tema peringatan HUT Satpam tahun ini adalah ”Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia Melalui Pendidikan Yang Berkualitas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean”.

Kapolri yakin dan optimis, melalui upaya yang sinergis, simultan, dan berkesinambungan dari seluruh stakeholder industrial  security  dalam peningkatan kompetensi profesi Satpam.

Fokus perhatian lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah peningkatan hubungan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antara badan usaha jasa pengamanan dengan satuan kewilayahan Polri, maupun antara anggota satuan pengamanan  dengan petugas kepolisian di lapangan.

Bentuk koordinasi dan kerjasama tersebut, dapat dilakukan dalam hal-hal yang bersifat taktis maupun teknis. Dengan demikian, diharapkan dapat  memberikan manfaat  bagi terselenggaranya  soliditas, profesionalitas, dan kinerja Satuan Pengamanan  yang  diharapkan masyarakat.

Diakhir amanatnya, ada beberapa hal yang disampaikan Kapolri kepada seluruh personel Satuan Pengamanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :

• Tingkatkan disiplin, intergitas, soliditas, dedikasi dan profesionalisme sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, dan garda terdepan dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa;

• Tingkatkan pengetahuan,  kompetensi, kemampuan dan keterampilan guna menunjang pelaksanaan tugas di lapangan;

• Tampilkan perilaku yang correct, peka dan waspada,  agar selalu  siap  menghadapi setiap jenis gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi di tempat bertugas;

• Lakukan upaya  preventif  yang  konstruktif dan kreatif, dalam  mencegah dan mengeliminir segala bentuk gangguan kamtibmas;

• Lakukan tindakan  penegakan  hukum terbatas apabila dibutuhkan, secara profesional dan proporsional sesuai aturan hukum yang berlaku;

• Jalin kerjasama dan koordinasi yang intensif dengan petugas kepolisian di wilayah saudara bertugas, agar dapat mengantisipasi perkembangan gangguan kamtibmas di lingkungan kerja sedini mungkin.

Tak lupa Kapolri mengucapkan terima kasih dan  apresiasi  kepada seluruh Komunitas Sekuriti, anggota Satpam, Pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, Asosiasi di Bidang Pengamanan, serta seluruh stake holder terkait, atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menumbuhkembangkan Satuan Pengamanan di Indonesia.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan  peringatan ulang tahun Satpam ini, sehingga  dapat  berjalan  tertib  dan lancar  sesuai  yang  diharapkan.

Setelah upacara peringatan HUT Satpam selesai, Pj Bupati Bantul Drs. Sigit Sapto Rahardjo, MM berkesempatan memberikan piala kepada perwakilan Satpam PT. Madu Baru yang telah menjadi juara I dalam lomba ketangkasan Satpam tingkat Polda DIY.

Para Satpam PT Madu Baru juga unjuk kebolehan dengan menampilkan atraksi kemampuan baris-berbaris, senam lantas dan kemahiran bela diri dengan menggunakan tongkat T dan borgol.

Kegiatan rangkaian acara dalam rangka Upcara HUT Satpam ke 35 di Mapolres Bantul berakhir pada pukul 08.30 Wib dan berlangsung dengan khidmat. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:57

0 komentar:

CB