Upacara Hardiknas 2016 Tingkat Kecamatan Sanden

Posted by tribratanewsbantul on 15:36

Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kecamatan Sanden tahun 2016 dipusatkan di SMP Negeri 2 Sanden, Senin 2 Mei 2016 jam 07.30 Wib.

Bertindak sebagai pembina upacara Danramil Sanden Kapten Mujiyono. Upacara dihadiri Sekcam Sanden Rudi Suharto, Kapolsek Sanden AKP Joko Wuryatmoko, S.Sos, Kepala Puskesmas, Kepala UPT PPD, Kepala Sekolah SD, SMP, Sma, dan SMK se-Kecamatan Samden. Pesrta upacara terdiri dari pelajar SMK Negeri 1 Sanden, SMA Negeri 1 Sanden, SMP Negeri 2/Sanden, dan SD Wuluhadeg.

Pembina upacara membacakan amanat Bupati Bantul, yaitu tanggal 2 Mei yang kita peringati sebagai Hardiknas merupakan hari lahir Ki Hajar Dewantoro seorang tokoh pendidikan nasional yang pemikirannya menjadi benih bertumbuhnya pendidikan Indonesia, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Bangun Karso, Tut Wuri Handayani dan menerapkannya dalam sekolah Taman Siswo.

Hardiknas kita peringati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantoro sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dan seluruh pejuang pendidikan, namun juga untuk merefleksikan berbagai upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan guna meningkatkan daya saing dan kesejahteraan bangsa.

Tema Hardiknas tahun ini adalah "Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita, yang merupakan seruan bagi seluruh masyarakat Indonesia bahwa pendidikan yang berkualitas kita akan dapat menghantarkan putra-putri bangsa untuk meraih cita-cita yang didambakan.

Berbagau prestasi dibidang pendidikan telah kita raih, namun masih terdapat sejumlah permasalahan yang harus kita selesaikan, seperti masih ada ijazah siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan yang belum diberikan kepada yang berhak di beberapa sekolah di Kabupaten Bantul.

Mayoritas disebabkan adanya beberapa kwajiban orangtua/wali siswa yang belum dapat dipenuhi. Namun apabila hal ini kita biarkan berlarut-larut tanpa ada upaya penyelesaian yang baik, maka pada akhirnya siswa yang bersangkutan akan mengalami permasalahan lain sebagai rentetan dari permasalahan awal.

Kita telah musyawarah guna mencari solusi pemecahan masalah ini, dan bertepatan dengan Hardiknas ini, permasalahan tersebut telah kita atasi, dan ijasah akan kita berilan kepada siswa yang berhak.

Khusus dari keluarga miskin, sejumlah 2.314 ijazah tingkat SMK dan 418 ijazah tingka SMA. Penyelesaian permasalahan ini tidak lepas dari peran dan dukungan semua pihak. Untuk itu kepada semua pihak terkait, khususnya pihak sekolah pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih  atas segala upaya yang telah dilakukan guna membantu anak-anak kita dalam upaya menggapai cita-citanya.

Selanjutnya, guna memberikan perhatian dann penghargaan kepada GTT dan PTT sekolah, pada hari ini akan kita berikan jaminan kesehatan melalui pemberian kartu Jamkesda bagi GTT dan PTT sekolah yang belum memiliki jaminan kesehatan sejumlah 5.707 orang.

Hal ini dimaksudkan sebagai penghormatan dan penghargaan bagi GTT dan PTT sekolah, yang selam ini telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Bantul. Akhirnya saya mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional. Semoga upaya kita dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air, khususnya di Kabupaten Bantul ini.

Upacara berakhir jam 08.00 Wib berjalan lancar dan tertib. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:36

0 komentar:

CB