Tekan Angka Lakalantas, Polisi Razia Kendaraan Di SMPN 3 Imogiri

Posted by tribratanewsbantul on 13:11

Petugas Satlantas Polres Bantul yang tergabung dalam Subsatgas 2 Preemtif Dikmas Operasi Patuh Progo 2017, menggelar razia kendaraan di SMP Negeri 3 Imogiri, Rabu, 17 Mei 2017 pagi, dengan sasaran utama pelajar SMP yang mengendarai sepeda motor.

Dalam razia kali ini, petugas berhasil mengamankan puluhan sepeda motor yang dibawa para pelajar ke sekolah. Pelanggaran didominasi karena tidak memiliki SIM dan tidak mengenakan helm. Para siswa yang terjaring razia, selanjutnya dikumpulkan untuk diberikan sangsi dan pembinaan.

Dihadapakan para siswa yang terjaring razia, Kanit Dikyasa Satlantas Polres bantul, selaku Kasubsatgas 2 Preemtif Dikmas Operasi Patuh Progo 2017 mengatakan bahwa razia yang digelar merupakan langkah pencegahan pihak Kepolisian untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar.

Menurutnya, usia anak yang masih duduk dibangku SMP, belum diperbolehkan mengendarai sepeda motor karena belum memiliki SIM. Ia mengharapkan agar para siswa yang terjaring razia tidak mengulangi perbuatannya tersebut, karena sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu, usia anak yang masih duduk dibangku SMP dinilai belum bisa mengendalikan emosi dengan baik, sehingga berakibat sangat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Ipda Rosalia juga berpesan, pada saat para siswa mengendarai sepeda motor bersama orang tuanya, agar tetap memakai helm. Tujuan memakai helm bukan karena takut ditilang Polisi, banyak sekali fungsi helm bagi pengendara sepeda motor di jalan raya, salah satunya untuk melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan. “Dengan menggunakan helm saat berkendara, berarti kita telah mematuhi tata tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Diakhir arahannya, Ipda Rosalia berharap, siswa-siswi SMP Negeri 3 Imogiri untukmembiasakan berdisiplin dalam berlalu lintas sejak usia dini dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. “Semoga anak-anakku sekalian kelak berhasil meraih apa yang kalian cita-citakan,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak SMP Negeri 3 Imogiri sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan Satlantas Polres Bantul. Semoga kedepannya kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan, sehingga anak sekolah yang menjadi korban maupun pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas dapat dihindari. (Humas Polres Bantul).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:11

0 komentar:

CB