Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Hadiri Peresmian SPALD-T Di Jati

Posted by tribratanewsbantul on 07:48

Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo, Bripka Gunawan, menghadiri acara peresmian dan serah terima Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) Permukiman Program DAK SANITASI Tahun 2019 di dusun Jati, Wonokromo, Pleret, Bantul pada Kamis (9/01/2020).

Hadir di antaranya Camat Pleret Indriyanta SIP, Kepala Seksi Air Minum dan Sanitasi Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU-PKP) Kabupaten Bantul Erwin Prasmanta, Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, SIP MAP, Kasi Kesejahteraan Wonokromo M. Ikhsan, Babinsa Wonokromo Serka Mahkardiono, Kasi Ekbang Kecamatan Pleret Sadimin, Kepala Dusun Jati H. Sumedi Waluyo, Ketua KSM Jati Priyono dan tokoh masyarakat dusun Jati.

Pembangunan ipal komunal yang berkapasitas 50 Kepala Keluarga (saluran rumah tangga) DAK Tahun Anggaran 2019 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sanitasi terhadap lingkungan dengan tidak membuang limbah sembarangan.

Kepala Seksi Air Minum dan Sanitasi DPU-PKP Bantul, Erwin Prasmanta dalam sambutannya mengatakan, bahwa ipal akan sangat berarti dan berguna bagi masyarakat. Sumur yang ada di lingkungan kita adalah sumur dangkal sehingga rawan akan bakteri, dimana sumber bakteri dari setiap rumah yang mempunyai pembuangan air dan kotoran.

Setelah diresmikan dan diserahkan, ipal ini sepenuhnya tanggung jawab warga dalam pengelolaan dan pemeliharaanya, serta sebagai penanggung jawab dari pemerintah desa.

"Kami titip pesan bahwa ini bukan milik KKPSN namun punya warga sepenuhnya dan saya berharap agar dikelola dengan sebaik-baiknya dan jangan membuang sampah sembarangan di dalam closet," pintanya.

Sementara itu, Lurah Desa Edy Pudjono SIP MAP dalam sambutannya mengatakan, ipal ini sangat penting agar limbah domestik rumah tangga, baik itu grey water maupun black water bisa dikelola dengan baik sehingga tidak mencemari lingkungan.

"Saya harap kita semua bisa saling membantu dalam merawat dan mengelolanya," pinta Edy Pudjono.

Ia atas nama Pemerintah Desa Wonokromo mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU-PKP) Kabupaten Bantul yang telah memperjuangkan keinginan masyarakat dalam upaya peduli terhadap lingkungan. Harapannya semoga di tahun-tahun mendatang akan ada program seperti ini lagi. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:48

0 komentar:

CB