Peresmian Gedung BKAD-UPK Pajangan Oleh Bupati Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 10:13

Rabu, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta menghadiri peresmian gedung BKAD - UPK Kec. Pajangan Kab. Bantul oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono di pendopo Kec. Pajangan, Rabu, 27 April 2016 jam 14.00 Wib.

Wakil Ketua BKAD Bpk. Untung dalam laporannya mengatakan sumberdana pembangunan gedung BKAD - UPK Kec. Pajangan ini didapat dari surplus UPK tahun 2016 program PNPM MPd hasil dari simpan pinjam kelompok perempuan. Surplus tersebut juga digunakan untuk kegiatan sosial dan gedung ini. Harga pembelian tanah Rp. 149.900.000, 00. Biaya pembangujan gedung rencana 2 lantai karena dana terbatas akhirnya satu lantai. Pembangunan gedung menelan biaya Rp 316.750.000,00 dengan cara swakelola, pembangunan dilakukan selama 16 Minggu dan berakhir pada 7 Februari 2016 kemarin. Gedung ini diharapkan dapat menciptakan kenyamanan dalam bekerja, penyimpanan arsip dan mengoptimalkan kinerja UPK Kec. Pajangan karena selama ini kami bergabung dengan Kec. Pajangan.

Terimakasih atas dukungan dari seluruh pihak Kecamatan, Desa dan masyarakat sekitarnya. Mudah mudahan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh UPK, masyarakat dan mendapat barokah dunia akherat dan memberikan pelayanan kepada kelompok perempuan dalam SPP (Simpan Pinjam Perempuan).

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutanya menyampaikan pembangunan gedung ini dilatar belakangi oleh kantor UPK yang selama ini masih ikut numpang di komplek Kecamatan.

Informasi dari Kantor PMD Kab. Bantul bahwa baru Pajangan yang memiliki gedung UPK sendiri. Gedung tersebut hasil dari ketekunan kelompok simpan pinjam (SPP) kelompok perempuan di Pajangan. Saya bangga kepada masyarakat Pajangan yang gotong-royongnya sangat tinggi.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam arahannya bahwa PNPM MPd diselenggarakan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan mempercepat pembangunan.
UPK salah satu Unit PNPM bisa menjadi embrio pengembangan ekonomi lokal.
PNPM bisa mempermudah pinjaman kepada perempuan, karena kelompok perempuan bisa mengatur keuangan dengan baik. Saya sampaikan Apresiasi yang besar kepada Kec. Pajangan yang telah menjadi contoh bagi wilayah lain dalam pembangunan gedung ini.

Kehadiran UPK ini semoga dapat menjadikan jalan keluar bagi para pelaksana ekonomi untuk mengembangkan program pengentasan kemiskinan. Mohon do'anya rencana pemisahan Dinas pariwisata dengan Dinas kebudayaan semoga dapat terealisasi, sehingga dapat memajukan kebudayaan di Bantul dan akan mendapat dana keistimewaan Yogyakarta.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, pemotongan pita, pembukaan kunci dan pengecekan gedung BKAD-UPK Kec. Pajangan yang diresmikan.

Kegiatan ini dihadiri Camat Pleret Bpk. Walkodri, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Camat Dlingo Drs. Susanto, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Perwakilan Camat se Kab. Bantul, perwakilan BKAD - UPK se Kab. Bantul, Wakil Ketua BKAD Pajangan Bpk. Untung, BPUPK Kec. Pajangan Sugiman, S.Pd, Ketua UPK Kec. Pajangan Bpk. Mufasir, MAD (Musyawarah Antar Desa) Bpk. Slamet, Tim Verifikasi (TV) Bpk. Mursis, Kepala Bank BRI Unit Pajangan Bpk. Sarjono, Ketua Himpaudi Kec. Pajangan (Ketua PKK Desa Sendangsari) Ibu Suprihatin, SE, Kepala Instansi, Karang Taruna dan tamu undangan sejumlah ± 100 orang.

Selama berlangsungnya kegiatan personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:13

0 komentar:

CB