Polres Bantul Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2023

Posted by tribratanewsbantul on 13:02

Polres Bantul bersama instansi terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2023 di Lapangan Parkir Selatan Pasar Seni Gabusan, Sewon, Bantul, Senin (17/4/2023).

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK dan Dandim Bantul Letkol Inf. Arif Hermad SIP memimpin apel tersebut.

Dalam kesempatan itu Bupati Bantul menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si bahwa apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

Disampaikan, Operasi Ketupat Progo 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023 dengan fokus pengamanan masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

Kapolri juga menyampaikan penekanan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu "hati-hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik".

Disamping menyampaikan penekan dari Presiden, Kapolri juga memberikan penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut:

1. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

2. Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan body system dan pedomani sop, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”presisi” sebagaimana harapan masyarakat.

3. Pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

4. Berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

5. Pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media tv-radio nasional maupun lokal, serta media streaming polri tv-radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

6. Perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan operasi ketupat 2023.

Sementara itu, di akhir kegiatan apel, Kapolres Bantul berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ketupat 2023 agar tetap menjaga kesehatan, melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis.

Selain itu, Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik antara lain, laksanakan mudik dengan mengutamakan keamanan, keselamatan dan tertib berlalu lintas. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:02

0 komentar:

CB