Pagelaran Budaya Jawi Wayang Kulit Di Dusun Kepuh Wetan

Posted by tribratanewsbantul on 22:32

Malam ini, Sabtu 18 Maret 2017 jam 21.00 Wib, telah berlangsung gelar budaya Jawi Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di dusun Kepuh Wetan RT 01 Wirokerten Banguntapan Bantul bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kab. Bantul.

Pagelaran wayang mengambil lakon Semar Mbangun Kayangan dengan dalang Ki Dalang Catur Benyek Kuncoro dihadiri oleh Anggota DPRD Bantul Komisi B bid Keuangan dan Kebudayaan bapak Jumakir, yang mewakili Kepala dinas Kebudayaan Bantul, Muspika Banguntapan, Lurah Wirokerten, Para kepala Dukuh, Ketua Panitia Bariq Qufron, Tomas, Toga dan para tamu undangan serta ratusan warga.

Menurut bapak Jumakir anggota DPRD Bantul dari Komisi B bid Keuangan dan Kebudayaan, “APBD Kab. Bantul telah dianggarkan sebesar Rp 8,3 M untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan di Kab. Bantul ini. Dana tersebut jika digunakan untuk gelar Wayang Kulit sekitar 300 - 350 pagelaran. Jadi pada bulan Maret ini bisa dikatakan hampir tiap malam digelar Wayang Kulit diwilayah Bantul”, jelasnya.

“Malam ini selain pagelaran Wayang Kulit, kita akan berbagi kasih berupa pemberian santunan untuk anak Yatim yang ada di seputar dusun Kepuh Wetan, katanya.

Pagelaran wayang kulit diawali dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dilanjutkan penyerahan tokoh wayang “Semar” oleh Lurah Wirokerten ibu Rahmawati SE kepada Dalang Ki Catur Benyek Kuncoro.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 22:32

0 komentar:

CB