Menepis Kekhawatiran Wali Murid Tentang Isu Penculikan Anak, Binmas Polsek Banguntapan Berikan Bimbingan

Posted by tribratanewsbantul on 06:45

Menanggapi kekhawatiran sebagian besar orang tua terhadap maraknya berita tentang penculikan anak, Kanit Binmas Polsek Banguntapan AKP H. Subardi, SH bersama  Babinkamtibmas Desa Wirokerten Bripka Indra Prasetyo, Senin siang tanggal 27 Maret 2017 menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada para wali murid di SDN Sampangan Wirokerten Banguntapan Bantul. Kegiatan ini diberikan untuk meredam kekhawatiran para orang tua siswa, menyebarnya berita tentang penculikan anak.

Mari kita sikapi dengan bijaksana dan tingkatkan kewaspadaan dalam mendidik dan mengawasi anak-anak kita. Faktanya tidak ada kejadian penculikan anak yang terjajadi, Jadikan momentum isu berita penculikan anak untuk lebih dekat dengan anak dengan meluangkan waktu bersamanya.

Sikapi dengan tenang tanpa rasa takut yang berlebihan, ambil kesempatan untuk memupuk kebersamaan sesama wali murid dengan pihak sekolah dan lingkungan sekitar. Manfaatkan kemajuan tehnologi dengan jalinan komunikasi dan pererat silaturahmi.

Tidak lupa disampaikan jika menjumpai adanya orang yang tidak dikenal mencurigakan pada lingkungan seputar, segera laporkan pada kepolisian terdekat, pihak sekolah, ataupun pengurus kampung. Atau juga bisa langsung menghubingi Babinkamtibmas desa yang setiap saat melekat di wilayah binaannya.

Mengakhiri bimbingannya, Kanit binmas memberikan tips pada wali murid agar menasehati anaknya jangan mudah menerima pemberian dari orang yang tidak dikenal, lebih baik menghindar menjauhinya.

Jangan biarkan anak pulang sendiri, maka dari itu luangkan waktu untuk menjemputnya. Namun bila karena kesibukan sehingga terlambat menjemput, segera komunikasian dengan pihak sekolah, biar anak bermain dan menunggu di dalam area sekolah dengan pengawasan guru maupun keamanan sekolah.

Kerjasama yang baik antara wali murid, pihak sekolah dan kepolisian dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan bersama. Lindungi keluarga kita dan keamanan menjadi tanggung jawab bersama. Tentunya akan terwujud dengan dukungan dan kebersamaan.

Bekali anak dengan teknik dasar ketrampilan bela diri agar bisa melepaskan diri dengan segera dari sekapan penculik. Beri simulasi penculikan agar anak bisa mengetahui tindakan apa yang harus dilakukannya bila ada orang yang berusaha dengan paksa mau menculiknya. Misalnya dengan berteriak minta tolong, segera lari ke satpam atau berusaha menarik perhatian orang sekitarnya.

Bila ingin mengajak anak pergi ke tempat ramai, ajari anak untuk tidak memisahkan diri dari orangtua atau pengasuh dan bekali anak dengan pengetahuan tentang lokasi petugas bagian informasi atau satpam, nama dan nomor telpon orangtua serta cara mudah menemukan kembali orangtua bila ia tersesat.

Sesibuk apapun orangtua, usahakan untuk tetap melakukan pengawasan dan komunikasi dengan anak. Misalnya dengan menelpon anak atau menyediakan waktu untuk mendengar cerita anak mengenai kejadian-kejadian yang dialaminya sepanjang hari itu. Hal ini diperlukan agar orangtua bisa mengantisipasi kemungkinan ada orang yang berniat jahat pada anak.

Disamping usaha-usaha tersebut di atas, satu hal yang juga sangat penting untuk kita lakukan adalah berdoa pada yang Maha Kuasa agar semua sanak keluarga kita terhindar dari penculikan atau musibah-musibah lainnya. Karena sehebat apapun usaha yang kita lakukan, pasti tidak akan berhasil bila kita tidak mendapat restu dariNya. Semoga Tuhan selalu memberi keselamatan pada kita semua, Amin. (Sihumas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:45

0 komentar:

CB