Muhammad Afif Qomarudin Terseret Ombak Pantai Parangtritis

Posted by tribratanewsbantul on 16:10

Muhammad Afif Qomarudin (22 tahun) warga Sembungan, Taraman, Sidoharjo, Kabupaten Sragen Jawa Tengah terseret ombak laut Pantai Parangtritis, Senin sore, 26 Juni 2017. Beruntung nyawanya dapat diselamatkan oleh anggota SAR Parangtritis yang saat itu sedang melakukan pemantauan.

Menurut korban, kejadian itu berawal ketika dirinya tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 16.00 WIB. Dirinya mengaku datang ke Pantai Parangtritis bersama 6 orang untuk liburan.

"Saya sama korban dan satu lagi teman saya, Muhammad Miftahul Huda (15) langsung berenang di pantai," jelasnya. Namun saking asiknya dia tidak sadar dengan kedatangan ombak yang akhirnya menggulung Afif.

Melihat rekannya dalam ancaman, ia pun berusaha untuk menolong sementara temannya yang lain teriak meminta bantuan. Sejumlah Tim Sar Parangtritis yang saat itu berjaga-jaga di tepi pantai pun langsung terjun memberikan pertolongan.

Korban sempat tenggelam dan minum air banyak namun setelah mendapatkan perawatan medis keadaannya semakin membaik dan diperbolehkan pulang.

Korban ini berenang di daerah palung padahal peringatan atau himbauan terus menerus lewat pengeras suara setiap 1 jam dilakukan. Namun masih ada juga warga yang tidak mengindahkan.

Kasubbag Humas Polres Bantul AKP Leo Nisya Sagita, S.I.K mengatakan, karakter Pantai Parangtritis mudah mengecoh para wisatawan yang suka bermain air laut. Di kawasan Pantai dengan kondisi ombak tenang justru berbahaya karena di bawahnya sering ada pusaran ombak, yang biasa disebut palung, mengancam keselamatan pengunjung.

Radius 200 meter ke kanan dan kiri palung merupakan kawasan berbahaya untuk renang. Posisi lokasi pusaran air pun berpindah-pindah dan paling lama semingguan lebih di satu posisi. "Kalau pas renang di posisi palung, alamat tak selamat karena lima menit saja pasti keseret," jelas Kasubag Humas.

Biasanya, pengungjung kebanyakan minggir bila diminta petugas, tapi setelah ditinggal petugas mereka berenang menjauh dari pantai lagi. Oleh karena itu kami berharap petugas untuk tidak bosan bosanya berpatroli di pantai, katanya. (Subag Humas Res Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:10

0 komentar:

CB