Pengajian Peringatan Nuzulul Quran Di Masjid Ar Ridlo Santan

Posted by tribratanewsbantul on 04:00

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H.  menghadiri Pengajian umum oleh K.H. Fajar Abdul Basyir (Gus Fajar) Pengasuh Pondok Pesantren Ar Risalah Dusun Ngeblak Wijirejo Pandak dalam rangka peringatan Malam Nuzulul Qur’an dan Khotimil Qur’an Tadarus Jamaah Masjid Ar Ridlo Dusun Santan bertempat di Masjid Ar Ridlo Dusun Santan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu (21/6/2017) jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Dukuh Santan Mudakir, Ketua Takmir Masjid Ar Ridlo Abdul Bari, Kiyai Ahmadi Bahrudin, Kiyai Jafar Jaiz, Bpk. Mufasir, Abdul Qofar,  toda, toga, tomas dan warga masyarakat Santan sejumlah ± 100 orang.

Ketua Masjid Abdul Bari dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan masyarakat Santan sehingga acara ini bisa terlaksana. Pengajian akan diisi oleh K.H. Fajar Abdul Basyir (Gus Fajar) Pengasuh Pondok Pesantren Ar Risalah Dusun Ngeblak Wijirejo Pandak  semoga bermanfaat menambah ilmu agama Islam kita. Mari kita jaga kekompakan, persatuan dan kerukunan warga Dusun Santan, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al Qur'an oleh Qori Ahmad Muslih dan dilanjutkan dengan Tahtiman Khotmik Al Qur'an dipimpin oleh Abdul Qofar. Setiap malam di Bulan Ramadhan ini dilakukan Tadarus Al Qur'an dan malam ini dilakukan Khataman. Tahlil dan doa dipimpin oleh Kiyai Jafar Jaiz dan tokoh agama Kiyai Ahmadi Bahrudin.

K.H Fajar Abdul Basyir (Gus Fajar) Pengasuh PP. Ar Risalah dalam pengajiannya menyampaikan surat Al Qur'an pertama kali turun adalah Iqro’, kita disuruh belajar membaca (membaca, mendalami dan memahami Al Qur'an maupun situasi). Al Qur'an merupakan petunjuk hidup untuk umat Islam. Al Qur'an dan Hadis saling berkaitan.

Isu hoax (kabar bohong) sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, Siti Aisah istri Nabi Muhammad SAW diisukan melakukan selingkuh. Al Qur'an untuk menjelaskan yang benar dan yang salah. Al Quran bisa memberi syafaat dan bisa melaknati kita, seperti halnya menjalankan ibadah Sholat. Membaca dan menjalan Sholat harus benar agar dapat memberi syafaat di Yaumul Akhir. Putra putri kita harus bisa membaca Al Qur'an juga memahami isinya. Tanda akhir zaman menurut Hadist Nabi Muhammad SAW, banyak bermunculan ahli pidato dan sedikit orang yang ahli fiqih. kita bersyukur NU (Nahdhatul Ulama)  masih banyak ahli fiqihnya. Sekali lagi mari kita dan anak-anak kita untuk belajar Al Qur'an dan memahami isinya. Berikan fondasi yang kuat kepada anak-anak kita”, tuturnya.

Pengajian peringatan malam Nuzulul Qur'an dan Khataman Masjid Ar Ridlo Santan berakhir jam 23.00 Wib dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 04:00

0 komentar:

CB